Ketentuan Penggunaan Kulina

Terakhir diperbarui tanggal 14 Desember 2022

Selamat datang di Kulina. Terima kasih telah menggunakan layanan kami. Mohon untuk membaca dan memahami Ketentuan Penggunaan Kulina di bawah ini dengan seksama sebelum mengakses dan menggunakan aplikasi dan/atau situs Kulina atau melakukan pemesanan Produk yang disediakan melalui Aplikasi Kulina.

1. Pendahuluan
  • Ketentuan Penggunaan ini adalah perjanjian antara Anda (“Anda”, “Pengguna”) dan PT Jejaring Makanan Indonesia (“Kulina”, “Kami”), sebuah perseroan terbatas yang didirikan dan beroperasi secara sah berdasarkan hukum negara Republik Indonesia. Ketentuan Penggunaan ini mengatur akses dan penggunaan Pelanggan atas aplikasi, situs web (www.kulina.id dan situs web lain yang Kulina kelola), konten dan produk yang disediakan oleh Kulina (selanjutnya, secara bersama-sama disebut sebagai “Aplikasi”), serta pemesanan, pembayaran, atau penggunaan layanan yang tersedia pada Aplikasi (“Layanan”).
  • Dengan mengakses Aplikasi atau menggunakan Layanan yang disediakan, Pengguna setuju untuk mengikatkan diri dengan Ketentuan Penggunaan Kulina. Apabila Pengguna tidak setuju dengan Ketentuan Penggunaan ini maka Pengguna harus berhenti mengakses Aplikasi Kulina, tidak menggunakan Layanan yang disediakan oleh Kulina, dan/atau membatalkan registrasi Pengguna sebagai mitra (apabila Pengguna adalah Merchant).
  • Dengan menyetujui Ketentuan Penggunaan ini, Pengguna juga menyetujui Ketentuan Penggunaan tambahan, termasuk Ketentuan Penggunaan pada setiap Layanan, dan perubahannya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini (selanjutnya, Ketentuan Penggunaan, Ketentuan Penggunaan tambahan, dan perubahannya secara bersama-sama disebut sebagai “Ketentuan Penggunaan”). Meskipun merupakan satu kesatuan, Ketentuan Penggunaan tambahan akan berlaku dalam hal terdapat perbedaan dengan Ketentuan Penggunaan.
  • Pengguna memiliki tanggung jawab untuk meninjau Ketentuan Penggunaan secara teratur dan berkala. Penggunaan berkelanjutan Pengguna atas Layanan setelah adanya setiap perubahan tersebut, baik yang ditinjau oleh Pengguna atau tidak, merupakan bentuk pernyataan dan kesepakatan Anda dan Anda terikat oleh setiap perubahan tersebut.
  • Kulina berhak untuk mengganti, mengubah, menangguhkan atau menghentikan semua atau bagian apapun dari Aplikasi ini atau Layanan setiap saat atau setelah memberikan pemberitahuan sebagaimana dipersyaratkan oleh undang-undang dan peraturan setempat. Kulina dapat menyediakan Layanan tertentu atau fitur tertentu dalam versi beta, yang mungkin tidak berfungsi dengan baik atau sama seperti versi akhir, dan kami tidak bertanggung jawab dalam hal demikian. Kulina juga dapat membatasi tertentu atau membatasi akses Pengguna ke bagian atau seluruh Aplikasi atau Layanan atas kebijakannya sendiri dan tanpa pemberitahuan atau kewajiban.
  • Kulina berhak untuk menolak memberikan akses ke Aplikasi atau Layanan kepada Pengguna atau mengizinkan Pengguna untuk membuka Akun dengan alasan apapun.
2. Kompatibilitas
  • Kulina hanya menyediakan perangkat lunak Aplikasi yang resmi pada pasar digital resmi, seperti Google Play Store atau Apple App Store, dan untuk digunakan hanya pada perangkat elektronik yang memadai. Mengunduh Aplikasi dari tempat lain selain pasar digital resmi merupakan pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan ini dan terhadap hak kekayaan intelektual Kulina.
  • Perangkat, model, atau versi router yang tidak sesuai mungkin memiliki firmware atau pengaturan yang tidak kompatibel dengan Aplikasi. Dalam hal ini, kami menjamin untuk terus mengembangkan Aplikasi untuk dapat mendukung semua perangkat, model, atau alat peramban yang umum digunakan. Selanjutnya, kami tidak menjamin kompatibilitas Aplikasi dengan perangkat telepon genggam tertentu atau perangkat keras lainnya.
3. Informasi dan Data Pribadi
  • Pengguna setuju dan memberikan otorisasi kepada Kulina untuk menggunakan seluruh informasi dan data pribadi yang diberikan Pengguna kepada Kulina, baik yang diberikan melalui Aplikasi atau disampaikan melalui sarana lain dalam rangka menyediakan Layanan, untuk keperluan pemasaran dan pengawasan kredit. Otorisasi yang diberikan termasuk untuk mengungkapkan informasi dan data kepada pihak ketiga sesuai dengan yang diizinkan dan bila diwajibkan oleh hukum yang berlaku.
  • Pengumpulan, penyimpanan, pengolahan, penggunaan, dan pembagian informasi dan data pribadi Anda yang Anda berikan ketika Anda membuka Akun tunduk pada Kebijakan Privasi, yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan ini.
  • Pengguna yang memiliki informasi dan data pribadi Pengguna lainnya melalui penggunaan Layanan (“Penerima Informasi”) dengan ini setuju bahwa, mereka akan (1) mematuhi semua undang-undang perlindungan data pribadi yang berlaku sehubungan dengan data tersebut; (2) mengizinkan Pengguna yang data pribadinya telah dikumpulkan oleh Penerima Informasi (“Pemberi Informasi”) untuk menghapus datanya yang telah dikumpulkan dari database Penerima Informasi; dan (3) mengizinkan Pemberi Informasi untuk meninjau informasi apa saja yang telah dikumpulkan tentang mereka oleh Penerima Informasi.
4. Kekayaan Intelektual
  • Aplikasi dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten, dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang terdaftar baik atas nama kami ataupun afiliasi kami. Kulina (dan pemberi lisensi kami) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Aplikasi dan Layanan, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya dan hak kekayaan intelektual terkait.
  • Tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini, Kulina memberikan Anda lisensi terbatas yang tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat dialihkan (tanpa hak sublisensi) untuk:
    (1) Mengunduh, mengakses, dan menggunakan Aplikasi, sebagaimana adanya, hanya pada perangkat elektronik yang ketentuan kompatibilitasnya mengikuti ketentuan pada Pasal 2 (dua) Ketentuan Penggunaan ini; dan hanya untuk keperluan terkait penggunaan Layanan; dan
    (2) Mengakses atau menggunakan konten, informasi dan materi terkait yang tersedia pada Aplikasi hanya untuk kepentingan pribadi dan bukan tujuan komersial. Hak dan hak istimewa lainnya yang tidak secara tegas diberikan dalam Ketentuan Penggunaan ini adalah hak Kulina atau pemberi lisensi kami.
  • Setiap penggandaan, distribusi, pembuatan karya turunan, penjualan atau penawaran untuk menjual, penampilan baik sebagian atau seluruhnya, serta penggunaan Aplikasi dan/atau Layanan, baik secara digital atau lainnya atau pada perangkat elektronik yang ketentuan kompatibilitasnya mengikuti ketentuan pada Pasal 2 (dua) Ketentuan Penggunaan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi tambahan seperti aplikasi modifikasi, emulator, dan lain-lain yang menyimpang dari Ketentuan Penggunaan ini, maupun tujuan penggunaan yang ditentukan oleh Kulina merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual Kulina. Anda tidak boleh:
    (1) Menghapus setiap pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi;
    (2) Menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum baik sebagian maupun seluruhnya, merekayasa balik (reverse engineer), mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi (termasuk perangkat lunak, fitur, dan Layanan di dalamnya);
    (3) Memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak lain Aplikasi dan/atau perangkat lunak dengan cara menciptakan tautan (link) internet ke Aplikasi atau “frame” atau “mirror” setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet;
    (4) Meluncurkan program otomatis atau script, termasuk namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots, virus atau worm, atau program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi;
    (5) Menggunakan aplikasi pencarian atau pengambilan kembali situs, perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil (scraping), indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi atau isinya;
    (6) Menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi lain yang Kulina miliki tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kulina atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada kami, dan
    (7) Menggunakan dan/atau mengakses secara tidak resmi Aplikasi untuk (i) merusak, melemahkan atau membahayakan setiap aspek dari Aplikasi, Layanan atau sistem dan jaringan terkait, dan/atau (ii) membuat produk atau layanan tandingan serupa menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafik menyerupai Aplikasi.
5. Akun Pengguna
  • Sebelum menggunakan Aplikasi, Anda harus menyetujui Ketentuan Penggunaan ini dan Kebijakan Privasi, dan mendaftarkan diri Anda dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kulina. Saat melakukan pendaftaran, Kulina akan meminta Anda untuk memberikan alamat email dan nomor telepon seluler pribadi Anda yang sah. Anda dapat mengubah informasi data diri Anda pada menu profil dalam Aplikasi.
  • Setelah melakukan pendaftaran, sistem Kulina akan menghasilkan kode verifikasi secara otomatis dan mengirim kode verifikasi tersebut melalui pesan singkat ke nomor telepon genggam yang Anda berikan. Anda perlu melakukan verifikasi dengan memasukan kode verifikasi tersebut pada halaman pendaftaran dalam Aplikasi.
  • Setelah melakukan verifikasi, sistem Kulina akan membuatkan akun Kulina pribadi (“Akun”) bagi Anda yang dapat digunakan untuk menggunakan Aplikasi dan memesan Layanan melalui Aplikasi. Nomor telepon genggam Anda melekat pada Akun Anda sehingga Anda tidak bisa membuat akun baru dengan nomor telepon genggam yang sudah didaftarkan. Hal yang sama juga berlaku apabila di kemudian hari Anda mengubah nomor telepon genggam Anda pada menu profil dalam Aplikasi.
  • Dalam hal Anda telah keluar dari Akun Anda, maka Anda perlu memasukan nomor telepon genggam dan kata sandi (password), atau melalui akun media sosial Facebook, Google, atau Apple ID sesuai dengan akun yang Anda gunakan pada saat mendaftarkan diri Anda dan memasukan kode verifikasi yang dikirim secara otomatis oleh sistem Kulina ke nomor telepon genggam terdaftar Anda.
  • Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. Kulina berhak menolak untuk memfasilitasi pesanan jika kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah mengalihkan atau membiarkan Akun Anda digunakan oleh orang lain.
  • Keamanan dan kerahasiaan Akun Anda, termasuk nama terdaftar, alamat surat elektronik terdaftar, nomor telepon genggam terdaftar, rincian pembayaran dan Metode Pembayaran yang Anda pilih, serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kulina atau Penyedia Metode Pembayaran sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda. Semua kerugian dan risiko yang ada akibat kelalaian Anda menjaga keamanan dan kerahasiaan sebagaimana disebutkan ditanggung oleh Anda sendiri. Dalam hal demikian, kami akan menganggap setiap penggunaan atau pesanan yang dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari Anda.
  • Segera beritahukan kami jika Anda mengetahui atau menduga bahwa Akun Anda telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Kulina akan melakukan tindakan yang kami anggap perlu dan dapat kami lakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.
  • Jika Anda seorang Merchant, Anda tidak dapat menggunakan akun pribadi Anda atau akun orang lain untuk memesan Layanan yang akan Anda terima sendiri sebagai seorang Merchant.
  • Akun Anda dapat ditutup karena hal-hal berikut:
    (1) Permintaan Pengguna melalui Aplikasi Kulina.
    (2)Adanya permintaan dari otoritas negara atau penegak hukum yang berwenang;
    (3) Kebijakan Kulina berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    (4) Penghentian kegiatan operasional Kulina karena alasan apapun.
  • Sehubungan dengan penutupan Akun, Pengguna dan Kulina setuju untuk mengesampingkan keberlakuan Pasal 1266 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, sepanjang mengenai diperlukannya suatu putusan pengadilan untuk penutupan Akun dan/atau pengakhiran Syarat dan Ketentuan ini.
6. Penggunaan Aplikasi dan Layanan
  • Akses dan penggunaan Aplikasi tunduk pada Ketentuan Penggunaan ini. Anda memiliki kewenangan penuh untuk memilih menggunakan Aplikasi, menggunakan Layanan yang tersedia pada Aplikasi atau tidak, atau berhenti menggunakan Aplikasi. 
  • Kami hanya memfasilitasi Pengguna untuk menemukan berbagai Layanan yang Anda perlukan dengan menyediakan Aplikasi. Semua Layanan disediakan secara langsung oleh pihak ketiga independen yang setuju menjadi Merchant Kulina dengan skema kemitraan atau skema lainnya (“Merchant”).
  • Ketika memesan Layanan, Aplikasi akan menghubungkan Pengguna dengan Merchant yang tersedia di sekitar lokasi Pengguna. Dengan demikian, Layanan tidak dapat digunakan bila Pengguna tidak mengaktifkan fitur penentuan lokasi. Selanjutnya, jika Merchant menerima pesanan Pengguna, Kulina akan menginformasikan status pesanan Pengguna melalui Aplikasi.
7. Promosi
  • Kami atau pihak lain yang bekerja sama dengan Kulina dapat memberikan penawaran atau promosi (“Penawaran”) yang dapat ditukar dengan barang, Layanan, atau manfaat lain terkait dengan penggunaan Aplikasi. Dalam hal Penawaran disediakan oleh pihak lain yang bekerja sama dengan Kulina (“Penyedia Penawaran”), kami tidak bertanggung jawab atas bagian apapun dari isi Penawaran tersebut.
  • Akses atau penggunaan Anda terhadap Penawaran merupakan bentuk persetujuan Anda untuk tunduk pada syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Kulina atau Penyedia Penawaran, termasuk terhadap Kebijakan Privasi Kulina atau Penyedia Penawaran.
  • Semua informasi, Penawaran yang terdapat pada Aplikasi hanya dimaksudkan untuk memberikan Anda pengalaman terbaik ketika menggunakan Aplikasi atau Layanan. Anda tidak boleh menyalahgunakan Penawaran yang Anda terima selama penggunaan Aplikasi atau Layanan.
  • Anda setuju untuk menggunakan Penawaran tersebut sesuai dengan syarat, ketentuan, dan maksud dari pemberian Penawaran dan tidak akan menyalahgunakan, menggandakan, menguangkan, mengalihkan, menggunakan untuk kepentingan komersial atau mengambil keuntungan dengan tidak wajar dari promosi tersebut dengan bentuk atau cara apapun.
  • Anda memahami bahwa Penawaran tidak dapat ditukar dengan uang tunai, memiliki masa keberlakuan yang terbatas dan tunduk pada ketentuan yang berlaku untuk setiap Penawaran tersebut.
8. Transaksi, Biaya dan Pembayaran
  • Tindakan mengunduh dan menggunakan Aplikasi adalah bebas biaya. Namun, Kulina dapat mengenakan biaya untuk penggunaan fitur tertentu pada Aplikasi di kemudian hari.
  • Pengguna dapat menggunakan Layanan Kulina dengan memesan jasa produksi dan jasa pengantaran makanan dan minuman (“Produk”) yang tersedia dalam Aplikasi. 
  • Produk mungkin mengandung alergen. Anda bertanggung jawab untuk secara mandiri melakukan pengecekan terhadap Produk yang Anda beli. Kami tidak bertanggung jawab atas reaksi alergi yang Anda alami.
  • Layanan yang tersedia pada Aplikasi dikenakan biaya yang dapat Pengguna temukan pada Aplikasi sebelum Pengguna memesan Layanan terkait. Kulina dapat mengubah atau memperbaharui biaya dari waktu ke waktu berdasarkan faktor tertentu antara lain, lokasi, waktu, jenis Layanan dan peraturan perundangan-undangan yang berlaku. Kulina juga dapat membebankan harga dan/atau biaya dengan besaran tertentu sebagai pembayaran untuk penggunaan Aplikasi yang dapat dipungut oleh Kulina, afiliasi Kulina, atau Merchant.
  • Harga Produk yang dibiayakan menggunakan mata uang Rupiah. Kecuali secara tegas disebutkan lain, harga yang tercantum tidak termasuk pajak atau beban layanan yang sepenuhnya ditanggung oleh Pengguna.
  • Biaya pesanan Produk akan ditampilkan di Aplikasi ketika Pengguna memesan Produk. Pengguna wajib melakukan pembayaran secara penuh sesuai dengan nominal yang tercantum dalam tagihan, termasuk kode unik (jika ada). Kulina tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pengguna apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan.
  • Pengguna dapat melakukan pembayaran terhadap Layanan atau Penawaran yang Anda akses melalui metode pembayaran elektronik, yang disediakan oleh pihak ketiga independen (“Penyedia Metode Pembayaran”), pada Aplikasi, termasuk uang elektronik (dengan menggunakan Akun pengguna yang sah yang terhubung dengan akun pemberi pekerjaan Anda), kartu debit atau kredit, rekening bank, atau metode pembayaran lain (“Metode Pembayaran”) yang dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan Kulina sepenuhnya.
  • Untuk dapat melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran, Anda harus terdaftar secara resmi pada Penyedia Metode Pembayaran yang Anda pilih dan menggunakan kredensial pembayaran Anda sendiri. Dalam hal Anda menggunakan kredensial terdaftar pihak lain, Anda bertanggung jawab secara penuh atas semua izin yang diperlukan dan semua kerugian atau sengketa yang timbul antara Anda dan pihak lain tersebut, baik karena kelalaian atau kesalahan Anda, Kulina, Merchant, Penyedia Penawaran, atau Penyedia Metode Pembayaran.
  • Pengguna memahami dan menyatakan bahwa biaya transaksi yang Pengguna bayar adalah, termasuk namun tidak terbatas pada, harga Produk, biaya pengantaran Produk, pajak, dan biaya-biaya lainnya sebagaimana ditampilkan dalam Aplikasi oleh Kulina dari waktu ke waktu.
  • Pengguna dapat menggunakan kupon diskon / voucher yang tersedia dan dimiliki oleh Pengguna sebagaimana tersedia dalam dan berlaku untuk Layanan Kulina.
  • Jika berlaku, biaya-biaya lain yang timbul sehubungan dengan transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada biaya parkir dan biaya masuk gedung, maka Pengguna menyatakan sepenuhnya bertanggung jawab atas biaya-biaya tersebut dan mitra pengantaran berhak untuk meminta penggantian biaya-biaya lain dari Pengguna dengan memberikan bukti pendukung.
  • Kulina berhak menolak atau menunda untuk meneruskan permintaan pembayaran Anda melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau Kulina mempunyai alasan yang cukup untuk menduga adanya kecurangan, penipuan, pelanggaran Ketentuan Penggunaan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Anda kepada Kulina.
  • Ketentuan lebih lanjut tentang biaya yang berlaku terhadap Layanan tertentu, Penawaran dan/atau Metode Pembayaran dapat ditemukan dalam Ketentuan Penggunaan tambahan dari Layanan yang Anda pesan dan syarat dan ketentuan dari Merchant dan/atau Penyedia Metode Pembayaran.
  • Pengguna setuju dan menyatakan bahwa Anda bersedia bekerja sama dalam kaitannya dengan penyaringan tindak kejahatan keuangan apapun yang diperlukan dan untuk membantu Kulina dalam mematuhi hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
9. Saldo dan Dompet Kulina
  • Saldo Kulina merupakan total nominal uang milik Pengguna yang tersimpan di dalam Dompet Kulina yang terdiri dari Saldo Personal, Saldo Kulina Points dan Saldo Corporate. Fitur Saldo Personal dan Saldo Kulina Points dimiliki oleh seluruh Pengguna sedangkan Saldo Corporate terbatas untuk Pengguna akun bisnis yang terdaftar.
  • Untuk Pengguna dengan Saldo Personal, pemesanan Produk yang dibatalkan, baik oleh sistem Kulina mau pun oleh Pengguna, akan secara otomatis masuk ke dalam Dompet Kulina dan dapat ditarik kembali. Pencairan uang hanya dapat dilakukan setelah Pengguna melakukan Penarikan Dana dan mengisi informasi rekening Pengguna.
  • Saldo Kulina Points adalah saldo berupa cashback & reward yang dapat diperoleh dari kompensasi Kulina dan/atau imbalan atas kampanye promosi pemasaran Kulina kepada seluruh Pengguna.
  • Untuk Pengguna akun bisnis dalam Saldo Corporate, pemesanan Produk yang dibatalkan, baik oleh sistem Kulina mau pun oleh Pengguna, akan secara otomatis masuk ke dalam Saldo Kulina Points.
  • Saldo Kulina Points tidak dapat diuangkan dan selama mencukupi, Pengguna dapat menggunakan Saldo Kulina Points sebagai Metode Pembayaran untuk transaksi Produk.
  • Saldo Kulina Points akan hangus pada tanggal 31 Desember setiap tahunnya bagi Pengguna yang tidak melakukan transaksi sejak tanggal 1 Januari tahun berjalan. 
10. Pengembalian dan Penarikan Dana
  • Kulina dapat mengembalikan dana kepada Pengguna dalam keadaan-keadaan tertentu sebagai berikut:
    (1) Terjadi kelebihan jumlah pembayaran dari harga Produk yang dibeli Pengguna;
    (2) Terjadi kendala pengantaran Produk yang teridentifikasi secara jelas dilakukan oleh Merchant dan/atau mitra pengantaran sehingga Produk tidak sampai ke alamat Pengguna; dan
    (3) Merchant tidak menyanggupi pesanan Produk karena kosongnya persediaan, kendala produksi, dan keadaan kahar (force majeure).
  • Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka proses pengembalian akan dilakukan melalui Dompet Kulina Akun Pengguna.
  • Penarikan Dana atas Saldo dalam Dompet Kulina akan diproses paling lambat 1x24 jam (satu kali dua puluh empat jam) hari kerja.
  • Penarikan Dana dengan tujuan nomor rekening selain Bank Mandiri dan BCA akan dikenakan biaya tambahan dan dibebankan kepada Pengguna.
  • Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Kulina, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui  bahwa Kulina berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap Penarikan Dana yang diajukan oleh Anda.
  • Pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan Penarikan Dana sebagaimana dimaksud dalam butir e di atas dapat dilakukan selama jangka waktu yang diperlukan oleh Kulina.
11. Kartu Kredit
  • Pengguna dapat memilih untuk menggunakan pilihan Metode Pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pemesanan Produk dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh Kulina.
  • Transaksi pembayaran Produk dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan tanpa minimal dan maksimal transaksi.
  • Pengguna dilarang untuk menggunakan Metode Pembayaran kartu kredit di luar peruntukannya sebagai alat pembayaran.
  • Apabila terdapat transaksi dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat dan ketentuan Kulina, maka Kulina berwenang untuk:
    (1) Menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Kulina, pihak bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari kerja;
    (2) Melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.
  • Apabila transaksi tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna di tagihan berikutnya. Ketentuan pada butir ini tidak berlaku untuk transaksi dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat dan ketentuan Kulina.
  • Transaksi yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya layanan sebesar 2,6% (dua koma enam persen) dari total biaya yang harus dibayarkan. Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam berbelanja.
  • Jika seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.
12. Pengantaran
  • Pengantaran Produk dalam Layanan Kulina dilakukan oleh mitra pengantaran yang bekerja sama dengan Kulina.
  • Setiap ketentuan berkaitan dengan proses pengantaran Produk adalah kewenangan penuh Kulina dan mitra pengantaran.
  • Pengguna atau pihak lain yang ditunjuk oleh Pengguna bersedia untuk dihubungi saat dan dapat menerima Produk ketika mitra pengantaran mengantarkan Produk pesanan Anda.
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas, termasuk namun tidak terbatas pada, kehilangan Produk, kerusakan Produk, kontaminasi Produk yang disebabkan secara langsung maupun tidak langsung oleh Pengguna atau pihak lain yang ditunjuk oleh Pengguna untuk bertindak menerima Produk atas nama Pengguna.
13. Fitur Self Pick-Up
  • Pengguna dapat memilih metode pemesanan dengan mengambil Produk secara langsung dan mandiri ke outlet Merchant tertentu (“Self Pick-Up”). Pengguna dapat melihat lokasi outlet Merchant dengan mengetuk tombol “Lihat Lokasi” pada laman Detail Pesanan.
  • Pengguna dapat menggunakan fitur Self Pick-up dengan mengubah pilihan metode “Pengantaran” menjadi “Self Pick-up” melalui Aplikasi.
  • Pengguna dapat mengambil pesanan Produk dengan menyebutkan nama dan kode ID pesanan paling lambat 1 (satu) jam setelah status pesanan berubah menjadi “Pesanan Siap”. Setelah batas waktu 1 (satu) jam, pesanan dinyatakan selesai dan status pesanan berubah menjadi “Pesanan Selesai”.
  • Pengguna dapat menghubungi Customer Experience Kulina apabila dalam keadaan dan mengalami kondisi berikut ini:
    1) Kendala saat verifikasi pengambilan Produk;
    2) Berpotensi terlambat atau lebih dari batas waktu pengambilan Produk;
    3) Outlet Merchant tutup dalam jangka waktu pengambilan Produk;
    4) Keluhan atas kualitas Produk paling lambat 1 (satu) jam setelah status “Pesanan Selesai”;
    5) Keluhan lainnya sehubungan dengan fitur Self Pick-up.
  • Kulina tidak bertanggung jawab dan Pengguna setuju untuk tidak meminta pertanggungjawaban Kulina dalam keadaan dan terjadi kondisi berikut ini:
    1) Produk yang diterima tidak sesuai dengan Produk yang dipesan Pengguna.
    2) Pengguna tidak mengambil Produk sampai batas waktu pengambilan Produk tanpa konfirmasi sebelumnya;
    3) Pengambilan Produk diwakilkan atas nama Pengguna dengan menyebutkan nama dan kode ID pesanan;
    4) Menyampaikan keluhan terkait kualitas Produk setelah batas waktu pengajuan keluhan;
    5) Tidak menyampaikan keluhan terkait kualitas Produk kepada Kulina;
    6) Melakukan transaksi di luar Aplikasi Kulina.
  • Kulina berhak untuk sewaktu-waktu mengadakan, menentukan, dan mengubah biaya terkait fitur Self Pick-up. Dengan menggunakan layanan ini, Pengguna menyatakan setuju dengan dan bersedia untuk membayar sesuai dengan biaya yang tertera dalam Aplikasi. Kulina tidak bertanggung jawab atas pungutan biaya di luar yang tercantum dalam Aplikasi.
14. Ketentuan Perpajakan
  • Pengguna setuju, memahami, dan menyatakan bahwa Ketentuan Penggunaan ini tunduk pada semua pajak, bea, ongkos, pembebanan, dan/atau biaya hukum yang berlaku, apapun denominasinya, sebagaimana dapat berlaku dari waktu ke waktu. Pengguna wajib mematuhi semua undang-undang yang berlaku dan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memungkinkan, membantu dan/atau membela Kulina untuk mengklaim atau memverifikasi setiap kredit pajak masukan, set off, potongan harga atau pengembalian uang sehubungan dengan pajak yang telah dibayarkan atau harus dibayarkan sehubungan dengan Layanan.
  • Jika Anda adalah Merchant, Anda bertanggung jawab untuk membayar setiap pajak dan kontribusi yang harus dibayarkan berdasarkan undang-undang sehubungan dengan jumlah yang harus dibayarkan kepada Anda berdasarkan atau sehubungan dengan Ketentuan Penggunaan ini.
15. Pernyataan dan Jaminan
  • Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna berusia minimal 18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan dan Pengguna secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Ketentuan Penggunaan ini. Jika Pengguna tidak memenuhi ketentuan tersebut namun tetap mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan Kulina, Layanan Pihak Ketiga melalui Kulina, Penawaran atau Metode Pembayaran, Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa tindakan Pengguna membuka, mengakses atau melakukan aktivitas lain dalam Aplikasi telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Pengguna. Pengguna secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Pengguna berikan berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini pada waktu Pengguna telah dewasa secara hukum.
  • Pengguna hanya akan menggunakan Aplikasi dan Layanan untuk tujuan yang dimaksudkan dan sah menurut hukum.
  • Pengguna akan selalu melindungi, merahasiakan, dan tidak akan membocorkan kata sandi akun Pengguna atau identifikasi apapun yang kami berikan kepada Pengguna yang memungkinkan akses ke Layanan secara aman dan rahasia. Jika Pengguna membagikan kata sandi akun atau identifikasi apapun (termasuk kode otentikasi terbatas) dengan atau mengungkapkannya kepada pihak ketiga manapun seperti mitra atau karyawan Pengguna, Pengguna setuju bahwa pihak ketiga memiliki wewenang untuk bertindak atas nama Pengguna. Dalam hal ini, Kulina tidak dapat diminta untuk bertanggung jawab terhadap segala bentuk kerugian yang diderita oleh Pengguna akibat kegagalan Pengguna dalam melindungi kerahasiaan informasi tersebut.
  • Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa:
    (1) Produk yang dipesan adalah benar atas kemauan dan untuk kebutuhan Pengguna dan/atau atas permintaan pihak lain yang Pengguna tunjuk dan telah diinformasikan untuk setuju menerima Produk;
    (2) Produk tidak dipesan untuk merugikan atau melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku pada orang lain atau pada penerima Produk;
    (3) Pengguna akan membayar secara penuh atas Produk yang dipesan sesuai dengan transaksi pada Layanan Kulina.
  • Pengguna menyatakan dan menjamin untuk membebaskan Kulina, termasuk namun tidak terbatas pada, perusahaan afiliasi Kulina, direksi, komisaris, karyawan dan agen Kulina, dari setiap dan semua kewajiban, konsekuensi, kerugian, tuntutan, biaya-biaya (termasuk biaya advokat) atau tanggung jawab hukum lainnya yang timbul atau mungkin timbul akibat pelanggaran Pengguna atas Ketentuan Penggunaan ini maupun sehubungan dengan tindakan Merchant.
  • Kulina berhak untuk menolak permintaan Layanan Kulina Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada pemesanan, jika Kulina memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa Pengguna telah atau akan melanggar Ketentuan Penggunaan ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
16. Tanggung Jawab Anda
  • Anda bertanggung jawab penuh atas keputusan yang Anda buat untuk menggunakan atau mengakses Aplikasi, Layanan, Penawaran, atau Metode Pembayaran. Anda harus memperlakukan Merchant, Penyedia Penawaran, dan Penyedia Metode Pembayaran dengan hormat dan tidak boleh terlibat dalam perilaku atau tindakan yang tidak sah, mengancam atau melecehkan ketika menggunakan Layanan, Penawaran atau Metode Pembayaran.
  • Anda bertanggung jawab secara penuh atas setiap kerugian dan/atau klaim yang timbul dari penggunaan Aplikasi, Layanan, Penawaran, atau Metode Pembayaran melalui Akun Anda, baik oleh Anda atau pihak lain yang menggunakan Akun Anda, dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan ini, Kebijakan Privasi, termasuk syarat dan ketentuan dan kebijakan privasi yang ditentukan oleh Merchant, Penyedia Penawaran dan Penyedia Metode Pembayaran, atau hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas untuk tujuan anti pencucian uang, anti pendanaan terorisme, aktivitas kriminal, penipuan dalam bentuk apapun (termasuk namun tidak terbatas pada, kegiatan phishing dan/atau social engineering), pelanggaran hak kekayaan intelektual, dan/atau aktivitas lain yang merugikan publik dan/atau pihak lain manapun atau yang dapat dianggap dapat merusak reputasi Kulina.
17. Batasan Tanggung Jawab
  • Kulina menyediakan Aplikasi sebagaimana adanya dan Kulina tidak menyatakan atau menjamin bahwa keAndalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari Aplikasi dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan Pengguna. Kulina tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh setiap kegagalan atau kesalahan yang dilakukan oleh Merchant, Penawaran dan Metode Pembayaran yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab Merchant, Penyedia Penawaran dan penyedia Metode Pembayaran. Kulina tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh setiap kegagalan atau kesalahan yang dilakukan oleh Merchant, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran ataupun kegagalan atau kesalahan Pengguna dalam mematuhi Ketentuan Penggunaan Kulina, Merchant, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran.
  • Aplikasi dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat Pengguna, Merchant, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengantaran, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
  • Kulina tidak berkewajiban untuk mengawasi akses atau penggunaan Pengguna atas Aplikasi. Namun, Kulina tetap melakukan pengawasan untuk tujuan memastikan kelancaran penggunaan Aplikasi dan untuk memastikan kepatuhan terhadap Ketentuan Penggunaan ini, hukum yang berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.
  • Kulina tidak mempunyai kewajiban apapun, termasuk untuk mengambil tindakan lebih jauh atau tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Pengguna, Merchant, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna dan Merchant, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran. Tetapi, Kulina akan memfasilitasi setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna dan Merchant, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran dengan upaya wajar yang diperlukan. Ketika Kulina memfasilitasi penyelesaian permasalahan atau perselisihan antara Pengguna dan Merchant, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, kami tidak bertindak sebagai mediator dan hal tersebut tidak menimbulkan kewajiban lebih jauh apapun terhadap Kulina.
  • Apabila di dalam Aplikasi terdapat tautan ke situs-situs pihak ketiga, tidak dapat diartikan bahwa Kulina merepresentasikan dalam bentuk apapun juga setiap situs-situs tersebut, dan tidak dapat diartikan sebagai sebuah dukungan terhadap situs tersebut maupun pemiliknya.
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas kebijakan privasi, syarat dan ketentuan ataupun konten dari situs-situs tersebut. Kulina menyarankan agar Anda meninjau dan memahami syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi situs-situs yang dioperasikan pihak ketiga tersebut, baik bila Pengguna mengunjungi langsung situs tersebut ataupun melalui tautan dalam Aplikasi Kulina.
18. Keluhan dan Penanganan
  • Kulina menampung dan menyediakan ruang untuk seluruh bentuk saran, kritik atau keluhan Pengguna melalui email ke hello@kulina.id dan melalui fitur Pusat Bantuan dalam Aplikasi.
  • Kulina akan menangani saran, kritik, atau keluhan yang Pengguna sampaikan secara proporsional sesuai dengan kemampuan atau kewenangan yang kami miliki. Kulina tidak berwenang untuk memutuskan, memberikan atau mengimplementasikan solusi terhadap saran, kritik, atau keluhan sehubungan dengan hal-hal yang menjadi tanggung jawab Merchant.
  • Dalam hal saran, kritik, dan keluhan yang disampaikan berkaitan dengan tanggung jawab Merchant, maka Kulina akan menyampaikannya kepada pihak yang bersangkutan. Anda setuju untuk membebaskan Kulina dari segala bentuk tanggung jawab dan tidak melibatkan Kulina dalam hal-hal yang terkait dengan Merchant.
19. Tindakan Yang Kami Anggap Perlu
  • Apabila Kulina mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Pengguna telah melakukan tindakan asusila, pelanggaran, kejahatan atau tindakan lain yang bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan ini dan/atau hukum yang berlaku, baik yang dirujuk dalam Ketentuan Penggunaan ini atau tidak, maka Kulina berhak untuk dan dapat membekukan Akun, baik sementera atau permanen, atau menghentikan akses Pengguna terhadap Aplikasi, termasuk Layanan, Penawaran dan/atau Metode Pembayaran yang terdapat di dalamnya, melakukan pemeriksaan, menuntut ganti kerugian, melaporkan kepada pihak berwenang dan/atau mengambil tindakan lain yang kami anggap perlu, termasuk tindakan hukum pidana maupun perdata.
  • Kulina akan menindaklanjuti dengan melakukan investigasi dan/atau memfasilitasi Merchant yang bersangkutan untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib apabila Kulina menerima Laporan adanya pelanggaran yang Anda lakukan atas Ketentuan Penggunaan ini ataupun pelanggaran terhadap hukum yang berlaku, sehubungan dengan:
    (1) Pelecehan atau kekerasan verbal, termasuk namun tidak terbatas pada, atas fisik, jenis kelamin, suku, agama dan ras, yang Anda lakukan terhadap Merchant;
    (2)Tindakan penipuan;
    (3) Penggunaan Aplikasi pada perangkat rooted atau jail-broken;
    (4) Pelecehan atau kekerasan fisik yang Anda lakukan terhadap Merchant; dan/atau
    (5) Pelecehan atau kekerasan seksual, baik secara verbal maupun fisik, yang Anda lakukan terhadap Merchant.
  • Ketentuan ini juga berlaku sebaliknya apabila Pengguna mengalami tindakan sebagaimana disebutkan di atas yang dilakukan oleh Merchant terhadap Anda.
20. Keadaan Kahar
  • Aplikasi dapat diinterupsi dan berhenti sementara oleh kejadian di luar kewenangan atau kontrol Kulina (“Keadaan Kahar”), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, pemogokan dan alasan lain yang mana kegagalan untuk melakukan berada di luar kendali wajar dan tidak disebabkan oleh kelalaian pihak yang tidak melaksanakan. Pengguna setuju untuk membebaskan Kulina dari setiap tuntutan dan tanggung jawab jika Kulina tidak dapat memfasilitasi Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Pengguna berikan melalui Aplikasi, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu Keadaan Kahar.
21. Ketentuan Lain
  • Anda mengerti dan setuju bahwa Ketentuan Penggunaan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Anda menekan tombol ‘daftar’ saat membuat Akun atau tombol ‘masuk’ saat akan mengakses Akun Anda merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kulina sehingga keberlakuan Ketentuan Penggunaan ini dan Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi dan Layanan menggunakan Akun Anda.
  • Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari Ketentuan Penggunaan atau Kebijakan Privasi yang dibuat dalam bentuk elektronik.
  • Anda tidak dapat mengalihkan hak Anda berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kulina. Namun, Kulina dapat mengalihkan hak kami berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini setiap saat kepada pihak lain tanpa perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari atau memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.
  • Bila Anda tidak mematuhi atau melanggar ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini, dan kami tidak mengambil tindakan secara langsung, bukan berarti Kulina mengesampingkan hak kami untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.
  • Ketentuan ini tetap berlaku bahkan setelah penghapusan Aplikasi atau setelah berakhirnya perjanjian ini antara Anda dan Kami.
  • Jika salah satu dari ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini tidak dapat diberlakukan, hal tersebut tidak akan memengaruhi ketentuan lainnya.
  • Perjanjian ini diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum negara Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan Aplikasi, Layanan dan/atau perjanjian ini tunduk pada yurisdiksi eksklusif Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia.

Ketentuan-Ketentuan Tambahan untuk Pelanggan

A. Syarat dan Ketentuan Layanan Kulina Instant Delivery
Kulina berterima kasih atas kepercayaan Pengguna terhadap Layanan Kulina Instant Delivery dalam Aplikasi Kulina. Ketentuan Penggunaan Layanan Kullina Instant Delivery ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan Kulina. Jika Pengguna menggunakan Layanan Kulina Instant Delivery pada Aplikasi Kulina, maka Pengguna dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Kulina Instant Delivery ini. 
1. Pemesanan
  • Pengguna dapat melakukan pemesanan Produk yang tersedia pada laman Instant Delivery.
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas ketersediaan Produk milik Merchant.
  • Pengguna bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rincian Produk dan alamat tujuan yang ditentukan oleh Pengguna adalah lengkap dan akurat.
  • Mitra pengantaran berhak untuk tidak mengantarkan pesanan Produk Pengguna jika:
    (1) Pengguna tidak dapat dihubungi melalui telepon ketika mitra pengantaran melakukan konfirmasi pesanan Pengguna;
    (2) Produk yang dipesan tidak tersedia; dan
    (3) Produk yang dipesan tidak tersedia karena keadaan kahar (force majeure) dari pihak Merchant dan/atau mitra pengantaran pada hari pengantaran; dan
    (4) Informasi atau arahan Pengguna tidak lengkap dan/atau tidak akurat.
  • Pengguna dapat berkomunikasi, termasuk namun tidak terbatas pada, ketika dihubungi oleh mitra pengantaran untuk mendapatkan konfirmasi atau klarifikasi mengenai pengantaran Produk melalui jalur komunikasi pribadi Pengguna.
  • Pengguna hanya dapat melakukan pembatalan transaksi sebelum Merchant mengkonfirmasi pesanan Produk Pengguna.
2. Pengantaran
  • Pengantaran Produk dalam transaksi Layanan Kulina Instant Delivery dilakukan oleh pilihan mitra pengantaran yang tersedia dan ditentukan oleh Pengguna dalam Aplikasi.
  • Pengguna atau pihak lain yang ditunjuk Pengguna bertanggung jawab untuk menerima Produk saat mitra pengantaran melakukan pengantaran ke alamat yang ditentukan oleh Pengguna. Pembayaran tidak dapat dikembalikan jika Pengguna tidak dapat dihubungi selama paling lambat 15 (lima belas) menit sejak kedatangan mitra pengantaran.
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas kondisi dan kualitas Produk, durasi pengantaran oleh mitra pengantaran, ketidaksesuaian Produk yang dipesan dengan Produk yang diantarkan.
  • Setelah Produk tiba di alamat Pengguna, Pengguna secara penuh bertanggung jawab atas biaya kelebihan waktu atau kehilangan, kerusakan, kontaminasi, pengotoran atau penahanan Produk yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh Pengguna atau pihak lain yang ditunjuk Pengguna.
B. Syarat dan Ketentuan Layanan Kulina Meal Plan
Kulina berterima kasih atas kepercayaan Pengguna terhadap Layanan Kulina Meal Plan dalam Aplikasi Kulina. Ketentuan Penggunaan Layanan Kullina Meal Plan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan Kulina. Jika Pengguna menggunakan Layanan Kulina Meal Plan pada Aplikasi Kulina, maka Pengguna dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Kulina Meal Plan ini. 
1. Pemesanan
  • Anda dapat melakukan pemesanan Produk yang tersedia pada laman Meal Plan.
  • Anda dapat berkomunikasi dengan tim Customer Experience Kulina untuk mendapatkan konfirmasi mengenai pesanan Produk dan pengantaran atau informasi terkait Layanan Kulina lainnya, melalui jalur komunikasi pribadi atau live chat pada saat sebelum atau sesudah melakukan pemesanan, pembelian, dan/atau pengantaran Produk.
  • Anda hanya dapat melakukan pembatalan atas Produk yang sudah diterima oleh sistem Kulina paling lambat sebelum pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat 1 (satu) hari sebelum pengantaran Produk.
  • Anda bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rincian Produk dan alamat tujuan yang ditentukan oleh Pengguna adalah lengkap dan akurat.
  • Mitra pengantaran berhak untuk tidak mengantarkan pesanan Produk jika:
    (1) Anda tidak dapat dihubungi melalui telepon ketika mitra pengantaran melakukan konfirmasi pesanan Pengguna;
    (2) Produk yang dipesan tidak tersedia karena keadaan kahar (force majeure) dari pihak Merchant dan/atau mitra pengantaran pada hari pengantaran; dan
    (3) Informasi atau arahan Pengguna tidak lengkap dan/atau tidak akurat.
2. Pengantaran 
  • Pengantaran Produk dalam transaksi Layanan Kulina Meal Plan dilakukan oleh mitra pengantaran yang bekerja sama dengan Kulina.
  • Rentang waktu pengantaran Produk disesuaikan dengan kategori berikut:
    (1) Makan siang atau lunch: 09.00 - 12.00 WIB; dan
    (2) All day: 09.00 - 22.00 WIB.
3. Keluhan
  • Kulina memberikan kompensasi jika terjadi keterlambatan pengantaran Produk berupa Saldo pada Dompet Kulina jika Produk yang Anda terima melebihi ketentuan rentang waktu pengantaran dan/atau terdapat keluhan lain sehubungan dengan kualitas Produk (“Garansi”).
  • Pengguna dapat mengajukan klaim Garansi dengan memberikan konfirmasi kepada tim Customer Experience Kulina melalui jalur komunikasi pribadi atau live chat apabila terjadi kendala dan keluhan terkait Produk dan/atau pengantaran dengan ketentuan seperti berikut:
    (1) Produk terlambat diterima;
    (2) Produk yang diterima tidak sesuai atau rusak (baik sebagian maupun seluruh komponen Produk);
    (3) Produk tidak diterima atau hilang;
    (4) Produk beraroma tidak sedap, basi, atau kadaluarsa saat diterima (baik sebagian maupun seluruh komponen Produk);
    (5) Produk terindikasi mentah, kurang matang, atau gosong (baik sebagian maupun seluruh komponen Produk); dan
    (6) Produk terkontaminasi.
  • Dalam hal terdapat keluhan seperti tercantum dalam butir (1) sampai dengan butir (5), Pengguna wajib memberikan laporan disertai lampiran foto Produk yang diterima, foto kode tulis dapur, dan foto label barcode pada kemasan Produk; dengan menyisihkan komponen/Produk yang terindikasi basi agar dapat diambil sebagai sampel (jika memungkinkan). Investigasi dan klaim Garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pengguna dilakukan paling lambat pukul 14.00 WIB.
  • Klaim Garansi atas kendala atau keluhan yang disebut pada poin (a) adalah berupa saldo ke Dompet Kulina. Nilai Garansi dapat berbeda-beda dipertimbangkan berdasarkan pada tingkatan ringan, sedang, atau beratnya kasus atas keluhan yang dilaporkan sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh Kulina dengan Merchant. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Pengguna.
C. Syarat dan Ketentuan Layanan Kulina Pre-Order
Kulina berterima kasih atas kepercayaan Pengguna terhadap Layanan Kulina Pre-Order dalam Aplikasi Kulina. Ketentuan Penggunaan Layanan Kullina Pre-Order ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan Kulina. Jika Pengguna menggunakan Layanan Kulina Pre-Order pada Aplikasi Kulina, maka Pengguna dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Kulina Pre-Order ini. 
1. Pemesanan
  • Pengguna dapat melakukan pemesanan Produk yang tersedia pada laman Pre-Order
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas ketersediaan Produk milik Merchant.
  • Pengguna bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rincian Produk dan alamat tujuan yang ditentukan oleh Pengguna adalah lengkap dan akurat.
  • Proses pembatalan pemesanan Produk dapat dilakukan oleh pihak Pengguna, Merchant, dan Mitra Pengantaran berdasarkan ketentuan sebagai berikut:
    (1) Pengguna
    Pengguna dapat melakukan pembatalan pemesanan Produk sebelum dan sesudah pesanan dikonfirmasi oleh Merchant. Proses pembatalan sebelum Merchant mengkonfirmasi pesanan Pengguna tidak membutuhkan persetujuan dari Merchant, namun keputusan pembatalan pesanan yang telah dikonfirmasi oleh Merchant merupakan kewenangan Merchant. Pengguna dapat membatalkan pesanan paling lambat sebelum batas waktu pengantaran Produk ke Pengguna.
    (2) Merchant
    Merchant dapat membatalkan pesanan yang diterima dari Pengguna. Pembatalan pesanan dapat dilakukan paling lambat sebelum batas waktu pengantaran Produk ke Pengguna. Pembatalan pesanan juga dapat terjadi dalam beberapa situasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
    (a) Sistem pemesanan tidak berhasil mendapatkan mitra pengantaran pada hari pengantaran Produk; dan
    (b) Merchant tidak melakukan pemanggilan atau pemesanan kurir melebihi batas waktu pemanggilan.
    (3) Mitra Pengantaran
    Mitra pengantaran berhak untuk tidak mengantarkan pesanan Produk Pengguna jika:
    (a) Pengguna tidak dapat dihubungi melalui telepon ketika mitra pengantaran melakukan konfirmasi pesanan Pengguna;
    (b) Produk yang dipesan tidak tersedia karena keadaan kahar (force majeure) dari pihak Merchant dan/atau mitra pengantaran pada hari pengantaran; dan
    (c) Informasi atau arahan Pengguna tidak lengkap dan/atau tidak akurat.
2. Pengantaran
  • Pengantaran Produk dalam transaksi Layanan Kulina Pre-Order dilakukan oleh pilihan mitra pengantaran yang tersedia dan ditentukan oleh Pengguna dalam Aplikasi.
  • Pengguna atau pihak lain yang ditunjuk Pengguna bertanggung jawab untuk menerima Produk saat mitra pengantaran melakukan pengantaran sesuai jadwal yang tertera dalam Aplikasi ke alamat yang ditentukan oleh Pengguna. Pembayaran tidak dapat dikembalikan jika Pengguna tidak dapat dihubungi selama paling lambat 15 (lima belas) menit sejak kedatangan mitra pengantaran.
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas kondisi dan kualitas Produk, durasi pengantaran oleh mitra pengantaran, ketidaksesuaian Produk yang dipesan dengan Produk yang diantarkan.
  • Setelah Produk tiba di alamat Pengguna, Pengguna secara penuh bertanggung jawab atas biaya kelebihan waktu atau kehilangan, kerusakan, kontaminasi, pengotoran atau penahanan Produk yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh Pengguna atau pihak lain yang ditunjuk Pengguna.
3. Keluhan
  • Kulina memberikan kompensasi berupa Saldo Cashback jika terdapat keluhan sehubungan dengan Produk (“Garansi”).
  • Pengguna dapat mengajukan klaim Garansi dengan memberikan konfirmasi kepada tim Customer Experience Kulina melalui jalur komunikasi pribadi atau live chat apabila Produk tidak diterima, tidak sesuai atau rusak dengan memberikan laporan disertai lampiran foto Produk yang diterima, foto kode tulis dapur, dan foto label barcode pada kemasan Produk. Investigasi dan klaim Garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pengguna dilakukan paling lambat di hari yang sama saat pengantaran.
  • Klaim Garansi atas kendala atau keluhan yang disebut pada poin (a) adalah berupa saldo cashback ke Dompet Kulina. Nilai Garansi dapat berbeda-beda dipertimbangkan berdasarkan pada tingkatan ringan, sedang, atau beratnya kasus atas keluhan yang dilaporkan sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh Kulina dengan Merchant. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Pengguna.
D. Syarat dan Ketentuan Layanan Kulina Katering Group Meals
Kulina berterima kasih atas kepercayaan Pengguna terhadap Layanan Kulina Katering Group Meals dalam Aplikasi Kulina. Ketentuan Penggunaan Layanan Kulina Katering Group Meals ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Ketentuan Penggunaan Kulina. Jika Pengguna menggunakan Layanan Kulina Katering Group Meals pada Aplikasi Kulina, maka Pengguna dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Kulina Katering Group Meals ini. 
1. Pemesanan Produk Meal Box dan Snack
  • Pengguna dapat melakukan pemesanan Produk meal box dan snack box yang tersedia pada laman Katering Group Meals.
  • Pengguna dapat memilih tanggal dan jam pengantaran Layanan Katering Group Meals yang dikehendaki.
  • Produk meal box dan snack box diproses dengan minimal pemesanan sebanyak 10 (sepuluh) pax, atau minimal pemesanan lain yang secara spesifik diberlakukan oleh Merchant.
  • Pengguna dapat menambahkan catatan yang ditujukan kepada Merchant yang dipesan dan Merchant berhak untuk meninjau apakah catatan bisa disetujui atau tidak. Kulina tidak bertanggung jawab atas catatan tersebut.
  • Pengguna bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rincian yang Pengguna masukkan sehubungan dengan pesanan Produk pada Aplikasi lengkap dan akurat.
  • Pembayaran yang dilakukan setelah pukul 17.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) 1 (satu) hari sebelum hari pengantaran tidak akan diproses dan Kulina berhak membatalkan pesanan tersebut.
  • Pengguna tidak diperbolehkan untuk membatalkan pesanan jika data pemesanan sudah diproses oleh Merchant.
2. Pemesanan Produk Prasmanan
  • Pengguna dapat melakukan pemesanan Produk prasmanan yang tersedia pada laman Katering Group Meals.
  • Pengguna wajib melakukan pemesanan paling lambat pukul 17.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) 3 (tiga) hari sebelum pengantaran Produk.
  • Produk prasmanan diproses dengan minimal pemesanan sebanyak 50 (lima puluh) pax, atau minimal pemesanan lain yang secara spesifik diberlakukan oleh Merchant.
  • Waktu persiapan Layanan katering minimal 2 (dua) jam sebelum Group Meals dimulai, mengikuti pilihan Produk yang dipesan oleh Pengguna.
  • Layanan prasmanan maksimal 2 (dua) jam sejak Produk disajikan. Apabila terjadi kelebihan waktu akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu Rupiah) per jam.
  • Harga Produk prasmanan yang tercantum dalam Aplikasi sudah termasuk biaya pengantaran, pelayanan, dan peralatan prasmanan (meja, alat saji, dan alat makan). Apabila terdapat kebutuhan peralatan tambahan akan dikenakan biaya tambahan.
  • Pesanan akan diproses apabila Pengguna telah melakukan pembayaran penuh melalui Aplikasi. 
  • Pembayaran yang dilakukan setelah pukul 17.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) 3 (tiga) hari sebelum hari pengantaran tidak akan diproses dan Kulina berhak membatalkan pesanan tersebut.
  • Pengguna yang telah melakukan pembayaran tidak dapat membatalkan pesanan setelah pukul 17.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) 3 (tiga) hari sebelum hari pengantaran. Apabila Pengguna tetap memutuskan untuk membatalkan pesanan, maka Kulina tidak bertanggung jawab untuk melakukan pengembalian dana. Pembatalan pesanan yang dilakukan sebelum pukul 17.00 WIB (Waktu Indonesia Barat) 3 (tiga) hari sebelum hari pengantaran berhak atas pengembalian dana.
  • Pengguna dapat menambahkan catatan yang ditujukan kepada Merchant yang dipesan dan Merchant berhak untuk meninjau apakah catatan bisa disetujui atau tidak. Kulina tidak bertanggung jawab atas catatan tersebut.
  • Pengguna bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rincian yang Pengguna masukkan sehubungan dengan pesanan Produk pada Aplikasi lengkap dan akurat.
3. Pengantaran
  • Pengantaran Produk dalam transaksi Layanan Kulina dilakukan oleh mitra pengantaran.
  • Kulina berhak menentukan jenis armada untuk digunakan oleh mitra pengantaran, baik armada motor maupun armada mobil, disesuaikan dengan banyaknya jumlah pesanan.
  • Pengguna atau pihak lainnya yang Pengguna tunjuk berkewajiban untuk dapat dihubungi dan dapat menerima pada saat Produk diantarkan oleh mitra pengantaran.
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas kondisi dan kualitas Produk, durasi pengantaran oleh mitra pengantaran, ketidaksesuaian Produk yang dipesan dengan Produk yang diantarkan.
  • Setelah Produk tiba di alamat Pengguna, Pengguna secara penuh bertanggung jawab atas biaya kelebihan waktu atau kehilangan, kerusakan, kontaminasi, pengotoran atau penahanan Produk yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh Pengguna atau pihak lain yang ditunjuk Pengguna.
4. Keluhan
  • Kulina memberikan kompensasi jika terjadi keterlambatan pengantaran Produk berupa Saldo Cashback senilai harga Produk jika Produk yang diterima Pengguna melebihi ketentuan rentang waktu pengantaran yang dicantumkan dalam butir (b) di atas dan/atau terdapat keluhan lain sehubungan dengan kualitas Produk (“Garansi”).
  • Pengguna dapat mengajukan klaim Garansi dengan memberikan konfirmasi kepada tim Customer Experience Kulina melalui jalur komunikasi pribadi atau live chat apabila terjadi kendala dan keluhan terkait Produk dan/atau pengantaran dengan ketentuan seperti berikut:
    (1) Produk terlambat diterima;
    (2) Produk yang diterima tidak sesuai atau rusak (baik sebagian maupun seluruh komponen Produk);
    (3) Produk beraroma tidak sedap, basi, atau kadaluarsa saat diterima (baik sebagian maupun seluruh komponen Produk);
    (4) Produk terindikasi mentah, kurang matang, atau gosong (baik sebagian maupun seluruh komponen Produk); dan
    (5) Produk terkontaminasi.
  • Dalam hal terdapat keluhan seperti tercantum dalam butir (1) sampai dengan butir (4), Pengguna wajib memberikan laporan disertai lampiran foto Produk yang diterima, foto kode tulis dapur, dan foto label barcode pada kemasan Produk; dengan menyisihkan komponen/Produk yang terindikasi basi agar dapat diambil sebagai sampel (jika memungkinkan). Investigasi dan klaim Garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pengguna dilakukan paling lambat 2 (dua) jam setelah Produk tiba.
  • Klaim Garansi atas kendala atau keluhan yang disebut pada poin (a) adalah berupa saldo cashback ke Dompet Kulina. Nilai Garansi dapat berbeda-beda dipertimbangkan berdasarkan pada tingkatan ringan, sedang, atau beratnya kasus atas keluhan yang dilaporkan sesuai dengan ketentuan yang ditentukan oleh Kulina dengan Merchant. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat Pengguna.
© 2015 - 2022 Kulina — All rights reserved.