Syarat dan Ketentuan

Terima kasih telah menggunakan jasa Kulina. Mohon untuk membaca dan memahami Syarat & Ketentuan Penggunaan Situs (“Syarat & Ketentuan”) dibawah ini dengan seksama sebelum melakukan pemesanan Menu atau Jasa yang disediakan melalui Situs ini. Dengan mengakses Situs atau melakukan pemesanan Menu atau Jasa yang disediakan melalui Situs ini, baik dengan sarana aplikasi internet atau melalui telephone atau melalui aplikasi bergerak (mobile aplication) atau sarana lainnya maka Anda setuju untuk mengikatkan diri dengan Syarat & Ketentuan. Apabila Anda tidak setuju dengan Syarat & Ketentuan ini maka Anda harus berhenti mengakses Situs dan tidak melakukan pemesanan Menu atau Jasa yang disediakan melalui Situs ini.

PENDAHULUAN

  1. Kulina adalah merek, situs web, dan jasa penyediaan fasilitas pemesanan dan pemasaran makanan/minuman yang dimiliki dan dikelola oleh PT Jejaring Makan Indonesia (“Perusahaan”).
  2. Hak kekayaan intelektual setiap tampilan pada situs web Kulina atau aplikasi bergerak (mobile application) yang disediakan Perusahaan termasuk namun tidak terbatas kepada setiap nama, gambar maupun suara merupakan dan akan selalu menjadi milik Perusahaan, kecuali secara tegas disebutkan lain. Penampilan hak kekayaan intelektual Perusahaan tersebut tidak dapat dianggap sebagai pemberian izin kepada Konsumen untuk menggunakan hak kekayaan intelektual tersebut. Dengan demikian Konsumen wajib selalu menjaga dan melindungi hak kekayaan intelektual Perusahaan.

  3. Kami telah melakukan segala upaya yang wajar untuk memastikan ketepatan dan kelengkapan informasi yang kami sajikan.

DEFINISI

  1. Biaya Pesanan menunjuk kepada total biaya yang harus dibayarkan Konsumen atas harga Pesanan, pajak-pajak, dan/atau biaay layanan (service fee) yang relevan.
  2. Kurir Mitra atau Delivery Partner menunjuk kepada pihak ketiga yang telah mendapat rekomendasi Kulina untuk memberikan layanan Jasa kepada Konsumen.
  3. Jam Pengantaran menunjuk kepada rentang waktu pengantaran Pesanan yang diminta oleh Konsumen.
  4. Jam Penjemputan menunjuk kepada waktu pengambilan Pesanan oleh Kurir Mitra dari dapur Dapur Mitra.
  5. Jasa menunjuk kepada jasa pengantaran makanan/minuman yang dilakukan oleh Dapur Mitra atau Kurir Mitra.
  6. Kami, Kulina atau Perusahaan menunjuk kepada PT Jejaring Makan Indonesia. Dapur Mitra menunjuk kepada pemilik/pengelola badan usaha atau orang pribadi yang memiliki kemampuan, ketrampilan dan sumber daya yang diperlukan untuk memasak, mengolah dan menyiapkan Menu yang dipasarkan melalui Situs.
  7. Konsumen atau Anda menunjuk kepada pihak yang mengakses Situs dan melakukan pemesanan Pesanan.
  8. Menu menunjuk kepada makanan atau minuman yang dipasarkan melalui Situs oleh Dapur Mitra.
  9. Nama Dapur menunjuk kepada nama yang digunakan oleh Kitchen Partner sebagai nama restoran online pada Situs.
  10. Password menunjuk kepada kata kunci atau sandi yang dibuat oleh Konsumen yang terasosiasi kepada Username tertentu dan digunakan untuk masuk ke dalam Situs.
  11. Pesanan menunjuk kepada Menu dan/atau Jasa yang dipesan/diminta oleh Konsumen.
  12. Pesanan Terkonfirmasi menunjuk kepada Pesanan yang telah mendapat konfirmasi penerimaan dari Dapur Mitra dan dikualifikasikan sebagai perjanjian antara Konsumen dan Dapur Mitra.
  13. Rekening Dapur menunjuk kepada rekening bank yang terdaftar atas nama Dapur Mitra yang digunakan untuk menerima pembayaran Biaya Pesanan yang diteruskan oleh Kulina dari Konsumen.
  14. Rekening Konsumen menunjuk kepada rekening bank yang terdaftar atas nama Konsumen yang digunakan untuk melakukan pembayaran Biaya Pesanan atau menerima pencairan Saldo Kulina.
  15. Rekening Kulina menunjuk kepada rekening bank milik Kulina yang digunakan sebagai penampungan sementara pembayaran Biaya Pesanan dari Konsumen untuk kemudian diteruskan ke Rekening Dapur.
  16. Saldo Kulina menunjuk kepada jumlah uang yang dimiliki oleh Konsumen, Dapur Mitra atau Kurir Mitra yang masih berada di Rekening Kulina dan belum dicairkan ke rekening bank masing-masing.
  17. Situs menunjuk kepada situs web www.kulina.id serta aplikasi bergerak lain milik Kulina yang dibuat untuk memfasilitasi Konsumen melakukan transaksi pemesanan, memfasilitasi Dapur Mitra melakukan pemasaran serta transaksi penjualan makanan/minuman secara daring (dalam jaringan atau online).
  18. Username menunjuk kepada nama unik yang digunakan oleh Konsumen sebagai identitas tunggal untuk melakukan akses ke dalam Situs sebagai anggota terdaftar.
  19. Waktu Layanan menunjuk kepada rentang waktu dimana Dapur Mitra membuka layanannya setiap hari.

PERNYATAAN DAN JAMINAN

  1. Konsumen dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa:

    1. Akan selalu melindungi, merahasiakan dan tidak membocorkan kepada pihak lain Username, Password dan kode kupon (voucher code) milik Konsumen. Tanggung jawab atas perlindungan dan kerahasiaan Username, Password dan kode kupon merupakan dan akan selalu berada di tangan Konsumen. Kulina tidak dapat diminta untuk bertanggungjawab terhadap segala bentuk kerugian yang diderita oleh Konsumen akibat kegagalan Konsumen dalam melindungi kerahasiaan Username, Password atau kode kupon miliknya;
    2. Seluruh informasi dan data yang dimasukkan Konsumen pada saat melakukan pendaftaran keanggotaan atau pada saat melakukan pemesanan Pesanan adalah benar, detail, lengkap dan akurat;
    3. Alamat surel (surat elektronik atau e-mail) dan nomor telephone yang diberikan atau didaftarkan melalui Situs adalah milik Konsumen; Konsumen telah memastikan bahwa alamat surel dan nomor telephone tersebut dapat diakses oleh Konsumen;
    4. Konsumen memiliki cukup dana untuk melakukan pembayaran Pesanan; dalam hal pembayaran dilakukan dengan kartu kredit atau kartu debit, Konsumen menjamin bahwa dirinya memililki hak secara sah untuk menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang dipakai untuk melakukan pembayaran Pesanan;
    5. Konsumen merupakan konsumen akhir dan bahwa Pesanan yang dipesan tidak untuk dijual kembali kepada pihak lain; dan
    6. Konsumen akan selalu menjaga dan melindungi hak kekayaan intelektual Kulina dan Kitchen Partner, termasuk namun tidak terbatas dengan cara tidak menggunakan foto Menu yang ditampilkan pada Situs tanpa izin tertulis dari yang berhak.
  2. Kulina akan melakukan langkah pengamanan -sepanjang hal itu dalam kemampuan Kami untuk melakukannya- untuk mencegah penipuan Internet, untuk menjaga informasi dan data yang Anda masukkan melalui Situs tetap aman. Namun dengan tiadanya kelalaian maka Kami tidak dapat diminta untuk bertanggungjawab atas segala bentuk kerugian yang Konsumen derita apabila pihak ketiga melakukan pengaksesan secara ilegal terhadap informasi dan data tersebut.

PEMESANAN

  1. Harap dicermati bahwa beberapa Menu tidak dapat dikonsumsi orang-orang dalam kondisi tertentu, termasuk namun tidak terbatas kepada orang-orang dengan kondisi kesehatan atau umur tertentu, Kami menyarankan agar Anda memeriksa terlebih dahulu apakah Menu yang dipesan tidak memberikan kontraindikasi terhadap orang yang mengonsumsi.
  2. Foto-foto Menu yang ditampilkan di Situs sekedar ilustrasi, hanya menggambarkan komposisi umum Menu, oleh karenanya Kulina atau Dapur Mitra tidak memberikan jaminan bahwa penyajian Menu yang diterima Konsumen persis sama dengan foto Menu.
  3. Kami menyarankan Anda untuk memeriksa ulang Pesanan sebelum mengirimkannya, dan bila diperlukan Anda dapat mengisi catatan atau instruksi tertentu sehubungan dengan detail pemesanan. Sesaat setelah Anda mengirimkan Pesanan maka Kami akan memberikan notifikasi melalui surel, telephone atau layanan pesan singkat (SMS) bahwa detail pemesanan Anda telah masuk, Anda wajib memberikan koreksi kepada Kami apabila terdapat hal-hal yang keliru atau tidak tepat.
  4. Selanjutnya Kami akan memeriksa ketersediaan Menu dan kapasitas pengantaran dari Dapur Mitra dan/atau Kurir Mitra. Kami akan melakukan konfirmasi via telephone kepada Anda apabila terdapat Menu yang tidak tersedia atau kekurangan kapasitas pengantaran. Dalam hal semua Menu yang dipesan seluruhnya tersedia dan kapasitas pengantaran mencukupi maka Kami akan melakukan konfirmasi melalui surel, telephone atau layanan pesan singkat (SMS) kepada Anda yang berisi detail pengantaran termasuk nomor pemesanan (order number), estimasi waktu pengantaran dan Biaya Pesanan.

HARGA DAN CARA PEMBAYARAN

  1. Harga Menu dan Jasa yang ditawarkan menggunakan mata uang Rupiah. Kecuali dengan tegas disebutkan lain, harga yang tercantum tidak termasuk pajak-pajak atau beban layanan yang sepenuhnya ditanggung oleh Konsumen.
  2. Semua harga yang tercantum di Situs adalah benar pada saat publikasi; meski demikian Kami berhak untuk merubahnya sewaktu-waktu. Kami berusaha untuk menjaga agar harga yang tercantum senantiasa terbaru (update). Dalam hal terjadi kenaikan harga sesaat setelah Anda memasukkan pesanan maka Kami akan memberitahukan perubahan itu kepada Anda dan Anda memiliki hak untuk membatalkan pesanan.
  3. Biaya Pesanan akan ditampilkan di Situs ketika Anda memasukkan Pesanan. Pembayaran harus dilakukan secara penuh. Metode pembayaran yang Kami layani yaitu: Transfer bank (via atm, iBanking, m-Banking), pendebetan Saldo Kulina, atau pembayaran kartu kredit ke Rekening Kulina melalui pihak ketika (payment gateway)
  4. Bila Anda memilih metode pembayaran secara tranfer bank maka pembayaran wajib dilakukan sesaat setelah Pesanan Terkonfirmasi.

PEMBATALAN PESANAN

Anda berhak melakukan pembatalan Pesanan setiap saat sepanjang status Pesanan belum berubah menjadi Pesanan Terkonfirmasi.

PENGANTARAN PESANAN

  1. Pengantaran Pesanan dilakukan oleh Dapur Mitra atau Kurir Mitra. Oleh karenanya Konsumen setuju untuk membebaskan Kulina dari segala bentuk keluhan, klaim atau gugatan yang timbul sehubungan pengantaran Pesanan yang dilakukan oleh Dapur Mitra atau Kurir Mitra.
  2. Jam Pengantaran bersifat perkiraan dan hasilnya mungkin berbeda karena turut dipengaruhi oleh faktor-faktor luar termasuk namun tidak terbatas kepada kepadatan lalu lintas. Dapur Mitra dan Kurir Mitra berupaya sunguh-sungguh agar waktu pengantaran tidak meleset dari yang disampaikan.
  3. Dalam hal Pesanan gagal diantar sampai alamat tujuan akibat Konsumen tidak memberikan informasi alamat dan nomor telephone secara detail, lengkap dan akurat maka Pesanan dianggap telah diterima Konsumen begitu Kami mengirimkan notifikasi mengenai hal ini melalui surel atau layanan pesan singkat (SMS); Konsumen wajib melunasi Biaya Pesanan dan beban-beban lain sehubungan penanganan Pesanan termasuk namun tidak terbatas kepada biaya penyimpanan atau pembuangan.
  4. Segala manfaat atau resiko yang timbul atas Pesanan menjadi keuntungan atau tanggung jawab Konsumen saat Pesanan diterima oleh Konsumen. Kami tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas segala bentuk kerugian yang timbul dan dialami Konsumen atau pihak ketiga pada saat/setelah Pesanan diterima oleh Konsumen.

DISKRESI

  1. Setiap penawaran dapat sewaktu-waktu Kami rubah, tarik atau batalkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  2. Dalam hal terjadi Pesanan sejenis dari dua atau lebih Konsumen yang melebihi kapasitas wajar Dapur Mitra atau Kurir Mitra untuk memenuhi semuanya maka Dapur Mitra atau Kurir Mitra memiliki hak penuh untuk menentukan Konsumen mana yang mendapat prioritas.
  3. Apabila Kami mendapatkan indikasi terjadinya penyalahgunaan voucher, kode diskon, pemalsuan informasi dan data, pelanggaran terhadap penggunaan kartu kredit atau kartu debit secara tidak sah, penipuan, peretasan Situs, pengoperasian program komputer perusak atau pencuri data maka Kami berhak pada saat itu juga melakukan pemblokiran akses kepada Konsumen terkait dan menolak akses di kemudian hari; apabila hal yang terindikasi terbukti menimbulkan kerugian bagi Perusahaan maka Kami berhak menuntut ganti kerugian kepada pihak yang melakukannya.

INFORMASI DAN DATA

Konsumen setuju dan dengan ini memberikan otorisasi kepada Kulina untuk menggunakan seluruh informasi dan data yang diberikan Konsumen kepada Kami baik yang dimasukkan melalui Situs atau disampaikan melalui sarana lain dalam rangka menyediakan Pesanan, untuk keperluan pemasaran dan pengawasan kredit. Otorisasi yang diberikan termasuk untuk mengungkapkan informasi dan data kepada pihak ketiga secara terbatas dimana pengungkapan tersebut karena diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan. Lebih lanjut mengenai hal ini dapat Anda temukan pada Kebijakan Privasi.

SITUS PIHAK KETIGA

  1. Apabila di dalam Situs terdapat tautan ke situs-situs milik pihak ketiga, tidak dapat diartikan bahwa Kami merepresentasikan dalam bentuk apapun juga setiap situs-situs tersebut, dan tidak dapat diartikan sebagai sebuah dukungan terhadap situs tersebut maupun pemiliknya.
  2. Kami tidak bertanggungjawab atas kebijakan privasi, syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ataupun konten dari situs-situs tersebut. Kami menyarankan agar Anda meninjau dan memahami syarat & ketentuan serta kebijakan privasi situs-situs yang dioperasikan pihak ketiga tersebut, baik bila anda mengunjungi langsung situs tersebut ataupun melalui tautan dalam Situs ini.

KELUHAN DAN PENANGANAN

  1. Kulina menampung segala bentuk saran, kritik atau keluhan Anda. Kami menyediakan ruang dan fasilitas bagi Anda untuk menyampaikan saran, kritik dan keluhan melalui email hello@kulina.id
  2. Kulina akan menangani saran, kritik atau keluhan yang Anda sampaikan secara proporsional sesuai dengan kemampuan atau kewenangan yang Kami miliki. Kami tidak berwenang untuk memutuskan, memberikan atau mengmplementasikan solusi terhadap saran, kritik atau keluhan sehubungan dengan hal-hal yang menjadi tanggung jawab Dapur Mitra atau Kurir Mitra.
  3. Dalam hal saran, kritik dan keluhan yang disampaikan berkaitan dengan tanggung jawab Dapur Mitra atau Kurir Mitra maka Kami akan menyampaikannya kepada yang bersangkutan. Konsumen setuju untuk membebaskan Kulina dari segala bentuk tanggung jawab dan tidak melibatkan Kami dalam hal-hal yang terkait dengan tanggung jawab Dapur Mitra atau Kurir Mitra, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang ditimbulkan akibat mengkonsumsi Menu dari Dapur Mitra.

BATASAN TANGGUNG JAWAB

  1. Kulina senantiasa mengambil langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk memastikan informasi yang ditampilkan pada Situs adalah benar dan akurat. Kami tidak memberikan jaminan, baik secara tegas maupun tersirat, bahwa penggunaan Situs akan nihil kesalahan atau senantiasa memenuhi tujuannya, bahwa Situs atau peladennya (server) akan nihil virus atau bugs atau senantiasa beroperasi penuh secara optimal, secara akurat, secara handal. Kami tidak dapat dipersalahkan atas penundaan, kegagalan, kesalahan maupun kehilangan informasi atau data yang ditransmisikan, atas kontaminasi virus atau program destruktif lain yang ditransmisikan pihak ketiga secara ilegal ke dalam komputer atau perangkat bergerak (mobile gadget) Konsumen saat atau setelah mengakses Situs.
  2. Kami hanya dapat diminta pertanggungjawaban sebatas jumlah uang yang telah Konsumen bayarkan kepada Kami sehubungan dengan Jasa yang relevan yang Kami berikan kepada Konsumen.
  3. Konsumen membebaskan Kulina, Dapur Mitra dan Kurir Mitra dari tanggung jawab atas kegagalan memberikan Pesanan akibat adanya kejadian memaksa (force majeur), keadaan yang berada di luar kontrol, tidak dapat dihindari meskipun dengan perencanaan yang baik dan tidak dapat diatasi dengan upaya yang wajar. Kejadian-kejadian yang dikategorikan sebagai keadaan memaksa, termasuk namun tidak terbatas pada: a) kerusuhan massal, perang saudara, pemberontakan, perebutan kekuasaan, perang dengan negara lain atau terorisme; atau b) gempa bumi, banjir, kebakaran, ledakan gunung berapi atau bencana alam lainnya; atau c) sengketa industrial atau pemogokan; atau d) perubahan peraturan perundang-undangan atau adanya kebijakan pemerintah yang mengakibatkan tidak dapat dipenuhinya Pesanan.

HUKUM YANG MENGATUR

Syarat & Ketentuan Penggunaan Situs ini tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia. Syarat & Ketentuan Penggunaan Situs ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan dapat diterjemahkan ke bahasa lain; dalam hal terdapat perbedaan penafsiran antara Bahasa Indonesia dengan versi terjemahannya tersebut, maka versi Bahasa Indonesia yang akan digunakan.

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

Segala bentuk perselisihan yang timbul sebagai akibat dari pelaksanaan Syarat & Ketentuan ini, antara Konsumen dengan Kulina, Dapur Mitra dan/atau Kurir Mitra akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Bila musyarawah tidak mencapai mufakat, maka perselisihan akan diselesaikan melalui pengadilan negeri dan dengan ini Konsumen, Kulina, Dapur Mitra dan Kurir Mitra sepakat untuk memilih tempat kedudukan hukum yang umum dan tetap pada Kantor Kepaniteraan Pengadilan Jakarta Barat.

KETENTUAN LAIN

  1. Syarat & Ketentuan Penggunaan Situs ini, Kebijakan Privasi, seluruh formulir pemesanan dan instruksi pembayaran yang disediakan untuk Anda merupakan sebuah perjanjian yang sah antara Kulina dan Konsumen.
  2. Kulina berhak dan berwenang untuk melakukan pembaruan terhadap Syarat & Ketentuan ini setiap saat, oleh karenanya Kami menyarankan Konsumen untuk selalu memeriksa ulang Syarat & Ketentuan serta perubahannya dari waktu ke waktu.
  3. Dalam hal salah satu atau lebih ketentuan dalam Syarat & Ketentuan ini menjadi batal, tidak berlaku, tidak sah, atau tidak dapat diberlakukan, baik seluruhnya atau sebagian berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hal itu tidak akan mempengaruhi keabsahan atau berlakunya ketentuan-ketentuan lain Syarat & Ketentuan ini.