Syarat dan Ketentuan

Terima kasih telah menggunakan layanan Kulina. Mohon untuk membaca dan memahami Syarat & Ketentuan Penggunaan Aplikasi (“Syarat & Ketentuan”) di bawah ini dengan seksama sebelum melakukan pemesanan Menu atau Jasa yang disediakan melalui Aplikasi dan/atau Aplikasi Kulina. Dengan mengakses Aplikasi dan/atau melakukan pemesanan Produk atau Jasa yang disediakan maka Pengguna setuju untuk mengikatkan diri dengan Syarat & Ketentuan Kulina. Apabila Pengguna tidak setuju dengan Syarat & Ketentuan ini maka Pengguna harus berhenti mengakses Aplikasi dan/atau Aplikasi, dan tidak melakukan pemesanan Produk atau Jasa yang disediakan oleh Kulina melalui Layanan.

1. Pendahuluan
  • Harap membaca Ketentuan-Ketentuan Penggunaan ini dengan cermat. Dengan menggunakan Layanan (sebagaimana didefinisikan), Pengguna menyetujui bahwa Pengguna telah membaca dan memahami ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan ini yang berlaku untuk Pengguna. Ketentuan penggunaan dan Kebijakan Kulina ini (sebagaimana yang didefinisikan), merupakan perjanjian yang mengikat secara hukum (“Perjanjian“) antara Pengguna dan Kulina (sebagaimana didefinisikan). Perjanjian berlaku untuk penggunaan Pengguna atas Layanan (sebagaimana didefinisikan) yang disediakan oleh Kulina. Apabila Pengguna tidak menyetujui Ketentuan Penggunaan, mohon untuk tidak menggunakan atau melanjutkan menggunakan Aplikasi atau Layanan, dan/atau melakukan pembatalan registrasi Pengguna sebagai mitra (Apabila Pengguna Penyedia Pihak Ketiga). 
  • Kulina dapat melakukan perubahan ketentuan dalam perjanjian ini kapan saja. Perubahan tersebut akan berlaku Perubahan tersebut akan berlaku setelah ditampilkan di http://www.kulina.id atau di Aplikasi. Dalam hal ini, Pengguna memiliki tanggung jawab untuk meninjau Ketentuan Penggunaan secara teratur. Penggunaan berkelanjutan Pengguna atas Layanan setelah adanya setiap perubahan tersebut, baik telah Pengguna tinjau atau tidak, akan merupakan perjanjian Pengguna untuk terikat oleh setiap perubahan tersebut.
  • Kulina adalah merek, dari perusahaan teknologi dan jasa penyediaan fasilitas pemesanan dan pemasaran makanan/minuman dari Pihak Ketiga, yang dimiliki dan dikelola oleh PT Jejaring Makanan Indonesia (“Perusahaan”).
  • Hak kekayaan intelektual setiap tampilan pada situs web Kulina atau aplikasi bergerak (mobile application) yang disediakan Perusahaan termasuk namun tidak terbatas kepada setiap nama, gambar maupun suara merupakan dan akan selalu menjadi milik Perusahaan, kecuali secara tegas disebutkan lain. Penampilan hak kekayaan intelektual Perusahaan tersebut tidak dapat dianggap sebagai pemberian izin kepada Pelanggan untuk menggunakan hak kekayaan intelektual tersebut. Dengan demikian Pelanggan wajib selalu menjaga dan melindungi hak kekayaan intelektual Perusahaan.
  • Kami telah melakukan segala upaya yang wajar untuk memastikan ketepatan dan kelengkapan informasi yang kami sajikan.
2. Definisi Umum

Dalam Ketentuan Penggunaan ini, kata-kata berikut akan memiliki arti sebagaimana dijelaskan di bawah ini:

  • “Aplikasi” menunjuk kepada situs web www.kulina.id serta aplikasi bergerak lain milik Kulina yang dibuat untuk memfasilitasi Pelanggan melakukan transaksi pemesanan, memfasilitasi Merchant melakukan pemasaran serta transaksi penjualan makanan/minuman secara daring (dalam jaringan atau online);
  • “Kulina”, atau Kami berarti PT Jejaring Makanan Indonesia yang sehubungan dengan Kulina Instant Delivery, Kulina Pre-Order, dan Kulina Acara;
  • “Pengguna” berarti orang yang menggunakan Aplikasi, platform dan/atau Perangkat Lunak lain yang dikelola oleh Kulina, termasuk namun tidak terbatas pada melakukan Transaksi dan Mengelola Pesanan;
  • “Penyedia Pihak Ketiga” berarti pihak ketiga yang termasuk namun tidak terbatas pada Mitra Pengantaran dan Merchant, yang memberikan Jasa melalui Layanan Kulina;
  • “Pelanggan” menunjuk kepada pihak yang mengakses Aplikasi dan melakukan Transaksi dan/atau melakukan Pesanan terhadap Produk dan Jasa;
  • “Merchant” adalah pihak yang bertindak sebagai penyedia Produk dan terdaftar baik secara online maupun offline, dan setuju dalam Perjanjian ini maupun perjanjian lainnya.
  • “Layanan” berarti segala bentuk dihubungkannya Penyedia Pihak Ketiga melalui aplikasi, platform, dan/atau Perangkat Lunak;
  • “Pesanan” menunjuk kepada Produk dan/atau Jasa yang dipesan/diminta oleh Pelanggan;
  • “Jasa” menunjuk kepada jasa pengantaran makanan/minuman yang dilakukan oleh Merchant dan/atau Mitra Pengantaran;
  • “Produk” menunjuk kepada makanan atau minuman yang dipasarkan melalui Aplikasi oleh Merchant Kulina;
  • “Mitra Pengantaran” menunjuk kepada Penyedia Pihak Ketiga yang telah mendapat rekomendasi Kulina untuk memberikan layanan Jasa kepada Pelanggan.
  • “Username” menunjuk kepada nama unik yang digunakan oleh Pengguna sebagai identitas tunggal untuk melakukan akses ke dalam Aplikasi sebagai anggota terdaftar.
  • “Password” menunjuk kepada kata kunci atau sandi yang dibuat oleh Pengguna yang terasosiasi kepada Username tertentu dan digunakan untuk masuk ke dalam Aplikasi;
3. Pernyataan dan Jaminan
  • Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna berusia minimal 18 (delapan belas) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan dan Pengguna secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Ketentuan Penggunaan ini. Jika Pengguna tidak memenuhi ketentuan tersebut namun tetap mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan Kulina, Layanan Pihak Ketiga melalui Kulina, Penawaran atau Metode Pembayaran, Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa tindakan Pengguna membuka, mengakses atau melakukan aktivitas lain dalam Aplikasi telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Pengguna. Pengguna secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Pengguna berikan berdasarkan Ketentuan Penggunaan ini pada waktu Pengguna dianggap telah dewasa secara hukum;
  • Pengguna hanya akan menggunakan Aplikasi, dan Layanan untuk tujuan yang dimaksudkan dan sah menurut hukum;
  • Pengguna akan selalu melindungi, merahasiakan, dan tidak membocorkan kata sandi akun Pengguna atau identifikasi apapun yang kami berikan kepada Pengguna yang memungkinkan akses ke Layanan secara aman dan rahasia. Jika Pengguna membagikan kata sandi akun atau identifikasi apa pun (termasuk tanpa kode otentikasi terbatas) dengan atau mengungkapkannya kepada pihak ketiga manapun seperti mitra atau karyawan Pengguna, Pengguna setuju bahwa pihak ketiga memiliki wewenang untuk bertindak atas nama Pengguna. Dalam hal ini Kami tidak dapat diminta untuk bertanggung jawab terhadap segala bentuk kerugian yang diderita oleh Pelanggan akibat kegagalan Pengguna dalam melindungi kerahasiaan informasi tersebut.
  • Pengguna tidak akan mencoba mengganggu atau merusak Layanan, Aplikasi, dan/atau perangkat lunak manapun yang dikelola oleh Kulina dengan cara apapun.
  • Seluruh informasi dan data yang Pengguna masukkan pada saat melakukan pendaftaran keanggotaan atau pada saat menggunakan Layanan adalah benar, detail, lengkap dan akurat;
  • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa seluruh resiko yang timbul dari penggunaan SItus, Layanan, Jasa, dan Metode Pembayaran sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna dan Pengguna dengan ini setuju untuk melepaskan Kami dari segala tuntutan apapun sehubungan dengan kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem yang disebabkan oleh akses tidak resmi oleh pihak lain.
  • Pengguna menyetujui untuk membebaskan Kami, termasuk namun tidak terbatas pada, pejabat, direktur, komisaris, karyawan dan agen Kami, dari setiap dan semua kewajiban, konsekuensi, kerugian, tuntutan, biaya-biaya (termasuk biaya advokat) atau tanggung jawab hukum lainnya yang timbul atau mungkin timbul akibat pelanggaran Pengguna terhadap Ketentuan Penggunaan ini maupun sehubungan dengan tindakan Penyedia Pihak Ketiga.
  • Pengguna mengakui bahwa Kulina adalah perusahaan teknologi, bukan perusahaan produksi makanan, jasa pengantaran, dan lain-lain. Semua layanan penyediaan makanan dan minuman, dan jasa pengantaran, disediakan oleh pihak-pihak yang tidak dipekerjakan oleh kami.
  • Alamat surel (surat elektronik atau e-mail) dan nomor telepon yang diberikan atau didaftarkan melalui Aplikasi adalah milik Pelanggan; Pelanggan telah memastikan bahwa alamat surel dan nomor telepon tersebut dapat diakses oleh Pihak Ketiga;
  • Pelanggan memiliki cukup dana untuk melakukan pembayaran Pesanan; dalam hal pembayaran dilakukan dengan kartu kredit atau kartu debit, Pelanggan menjamin bahwa dirinya memiliki hak secara sah untuk menggunakan kartu kredit atau kartu debit yang dipakai untuk melakukan pembayaran Pesanan;
  • Pelanggan merupakan konsumen akhir dan bahwa Pesanan yang dipesan tidak untuk dijual kembali kepada pihak lain; dan
  • Pengguna akan selalu menjaga dan melindungi hak kekayaan intelektual Kulina dan Pihak Ketiga, termasuk namun tidak terbatas dengan cara tidak menggunakan foto Produk yang ditampilkan pada Aplikasi tanpa izin tertulis dari yang berhak.
  • Kulina akan melakukan langkah pengamanan -sepanjang hal itu dalam kemampuan Kami untuk melakukannya- untuk mencegah penipuan Internet, untuk menjaga informasi dan data yang Pengguna masukkan melalui Aplikasi tetap aman. Namun dengan tiadanya kelalaian maka Kami tidak dapat diminta untuk bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian yang Pelanggan derita apabila pihak ketiga melakukan pengaksesan secara ilegal terhadap informasi dan data tersebut.
4. Kompatibilitas
Perangkat, model, atau versi router yang tidak sesuai mungkin memiliki firmware atau pengaturan yang tidak kompatibel dengan Aplikasi. Dalam hal ini kami menjamin untuk terus mengembangkan Aplikasi untuk dapat mendukung semua perangkat, model, atau browser yang umum digunakan di pasar. Selanjutnya, kami tidak menjamin kompatibilitas Aplikasi dengan perangkat seluler tertentu atau perangkat keras lainnya.
5. Akun Pengguna
  • Akun Pengguna hanya dapat digunakan oleh Pengguna yang bersangkutan dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. Kami berhak menolak untuk memfasilitasi pesanan jika Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Pengguna telah mengalihkan atau membiarkan Akun Pengguna digunakan oleh orang lain.
  • Keamanan dan kerahasiaan Akun Pengguna, termasuk nama terdaftar, alamat surat elektronik terdaftar, nomor telepon genggam terdaftar, rincian pembayaran dan Metode Pembayaran yang Pengguna pilih, serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kami atau Penyedia Metode Pembayaran sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Pengguna. Semua kerugian dan risiko yang ada akibat kelalaian Pengguna menjaga keamanan dan kerahasiaan sebagaimana disebutkan ditanggung oleh Pengguna sendiri. Dalam hal demikian, Kami akan menganggap setiap penggunaan atau pesanan yang dilakukan melalui Akun Pengguna sebagai permintaan yang sah dari Pengguna.
  • Segera beritahukan Kami jika Pengguna mengetahui atau menduga bahwa Akun Pengguna telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Pengguna. Kami akan melakukan tindakan yang Kami anggap perlu dan dapat Kami lakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.
  • Jika Pengguna seorang Penyedia Layanan, Pengguna tidak dapat menggunakan Akun pribadi Pengguna atau Akun orang lain untuk memesan Layanan yang akan Pengguna terima sendiri sebagai seorang Penyedia Layanan.
6. Informasi dan Data
Pelanggan setuju dan dengan ini memberikan otorisasi kepada Kulina untuk menggunakan seluruh informasi dan data yang diberikan Pelanggan kepada Kami baik yang dimasukkan melalui Aplikasi atau disampaikan melalui sarana lain dalam rangka menyediakan Pesanan, untuk keperluan pemasaran dan pengawasan kredit. Otorisasi yang diberikan termasuk untuk mengungkapkan informasi dan data kepada pihak ketiga secara terbatas dimana pengungkapan tersebut karena diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan. Lebih lanjut mengenai hal ini dapat Pengguna temukan pada Kebijakan
7. Kekayaan Intelektual
  • Aplikasi dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang terdaftar baik atas nama Kami ataupun afiliasi Kami. Kulina (dan pemberi lisensi Kulina) memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Aplikasi dan Layanan, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan seluruh fitur yang terdapat didalamnya dan hak kekayaan intelektual terkait.
  • Kulina memberikan Pengguna lisensi terbatas yang tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat dialihkan (tanpa hak sublisensi) untuk:
    (i) mengunduh, melakukan akses, dan mempergunakan Aplikasi, sebagaimana adanya, hanya pada perangkat berupa telepon genggam dan/atau tablet pribadi Pengguna dan hanya untuk keperluan terkait penggunaan Layanan, dan
    (ii) melakukan akses atau menggunakan konten, informasi terkait yang tersedia pada Aplikasi hanya untuk kepentingan pribadi dan bukan tujuan komersial. Hak dan hak istimewa lainnya yang tidak secara tegas diberikan dalam Ketentuan Penggunaan ini, adalah hak Kami atau pemberi lisensi Kami.
  • Dalam hal ini, Pengguna tidak diperbolehkan:
    (i) menjual, mentransfer, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial, melisensikan, mensublisensikan dan/atau membuat Aplikasi dan/atau Perangkat Lunak menjadi tersedia untuk termasuk namun tidak terbatas pada pihak ketiga dengan cara apapun tanpa izin;
    (ii) melakukan modifikasi atau membuat karya turunan berdasarkan Aplikasi dan/atau Perangkat Lunak;
    (iii) kecuali sejauh pembatasan berikut dilarang berdasarkan undang-undang yang berlaku, membongkar, mendekompilasi, merekayasa balik, memecahkan atau berusaha untuk mendapatkan dan membuat kode atau mengekstraksi perangkat lunak dari, Aplikasi ini atau perangkat lunak atau layanan apapun yang disediakan pada atau melalui Aplikasi;
    (iv) menggunakan program atau skrip manual atau otomatis apapun, termasuk namun tidak terbatas pada web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bot, virus atau worm, atau program apapun yang dapat membuat beberapa permintaan server per detik, (a) untuk terlalu membebani atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi; (b) untuk melakukan kegiatan panggalian atau pengikisan data, atau (c) dengan cara apapun memproduksi ulang atau menghindari struktur navigasi atau penyajian Aplikasi atau kontennya;
    (v) mengunggah, mendistribusikan, atau memproduksi ulang dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi hak kepemilikan lainnya tanpa mendapatkan persetujuan sebelumnya dari pemilik hak kepemilikan tersebut;
    (vi) menghapus segala pemberitahuan hak cipta, merek dagang, atau hak kepemilikan lainnya yang terdapat pada Aplikasi.
8. Pembayaran
  • Harga Produk dan Jasa yang ditawarkan menggunakan mata uang Rupiah. Kecuali dengan tegas disebutkan lain, harga yang tercantum tidak termasuk pajak-pajak atau beban layanan yang sepenuhnya ditanggung oleh Pelanggan.
  • Biaya Pesanan akan ditampilkan di Aplikasi ketika Pengguna memasukkan Pesanan. Pembayaran harus dilakukan secara penuh. Metode Pembayaran yang Kami layani yaitu: Transfer bank (via atm, iBanking, m-Banking), pendebetan Saldo Kulina, atau pembayaran kartu kredit ke Rekening Kulina melalui pihak ketika (payment gateway)
  • Untuk dapat melakukan pembayaran melalui Metode Pembayaran lain selain Transfer Bank, Pengguna harus terdaftar secara resmi pada Penyedia Metode Pembayaran yang Pengguna pilih dan menggunakan kredensial pembayaran Pengguna sendiri. Dalam hal Pengguna penggunaan kredensial yang terdaftar pihak lain, Pengguna menyetujui untuk bertanggung jawab secara penuh atas semua perizinan yang diperlukan dan semua kerugian atau sengketa yang timbul antara Pengguna dan pihak lain tersebut, baik karena kelalaian atau kesalahan Pengguna, Kami, Penyedia Layanan, Pihak Ketiga, atau Penyedia Metode Pembayaran.
  • Kami berhak menunda atau tidak melanjutkan, dalam hal ini tidak meneruskan permintaan pembayaran Pengguna melalui Metode Pembayaran karena alasan tertentu, termasuk namun tidak terbatas pada adanya indikasi atau dugaan penipuan, dan kecurangan dan pelanggaran Ketentuan Penggunaan, pelanggaran atas peraturan perundang-undangan yang berlaku termasuk yang terkait dengan alat pembayaran menggunakan kartu, uang elektronik, pemrosesan transaksi pembayaran, anti pencucian uang, korupsi dan pencegahan pendanaan terorisme, atau tindakan lain yang tidak wajar atau mencurigakan, termasuk belum dipenuhinya kewajiban Pengguna kepada Kami.
  • Ketentuan lain mengenai biaya yang berlaku terhadap Layanan tertentu, Layanan Pihak Ketiga, dan/atau Metode Pembayaran dapat ditemukan dalam Ketentuan Penggunaan disesuaikan dengan Ketentuan Layanan yang Pelanggan pesan dan syarat dan ketentuan dari Penyedia Layanan, Penyedia Layanan Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran dan/atau Penyedia Metode Pembayaran.
9. Saldo dan Dompet Kulina
  • Saldo Kulina merupakan nominal uang milik Pengguna yang disimpan di dalam Dompet Kulina yang terdiri dari Saldo Personal dan Saldo Corporate. Fitur Saldo Personal dimiliki oleh seluruh Pengguna sedangkan Saldo Corporate terbatas untuk Pengguna akun bisnis yang sudah terdaftar.
  • Di dalam Saldo Personal terdapat dua (2) jenis saldo yaitu Saldo Cashback & Reward, dan Saldo dapat ditarik. Saldo Cashback & Reward merujuk pada nominal yang didapat dari kompensasi Kulina kepada Pengguna atau imbalan atas kampanye promosi pemasaran Kulina. Saldo Cashback & Reward tidak dapat dicairkan dan berlaku selama satu (1) tahun sejak diberikan pada Pengguna.
  • Uang milik Pengguna yang melakukan Pembatalan Pesanan akan otomatis masuk ke Saldo dapat ditarik. Pencairan saldo hanya dapat dilakukan setelah Pengguna melakukan Penarikan Dana dan mengisi informasi Rekening Pelanggan.
10. Kartu Kredit
  • Pelanggan dapat memilih untuk menggunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pemesanan Produk dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh Kulina.
  • Transaksi pemesanan Produk dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) hingga maksimal Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).
  • Pelanggan dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.
  • Apabila terdapat transaksi dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Kulina, maka Kulina berwenang untuk:
    (i) menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Kulina, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari;
    (ii) melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit.
  • Apabila transaksi tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pelanggan di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Kulina.
  • Transaksi yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit akan dikenakan biaya layanan sebesar 1,5% dari total biaya yang harus dibayarkan. Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam berbelanja.
  • Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pelanggan. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.
11. Pajak
Pengguna sepakat memahami dan setuju bahwa Perjanjian ini tunduk pada semua pajak, bea, ongkos, pembebanan, dan/atau biaya hukum yang berlaku, apapun denominasinya, sebagaimana dapat berlaku dari waktu ke waktu. Pengguna harus mematuhi semua undang-undang yang berlaku dan mengambil semua langkah yang diperlukan untuk memungkinkan, membantu dan/atau membela Kulina untuk mengklaim atau memverifikasi setiap kredit pajak input, set off, potongan harga atau pengembalian uang sehubungan dengan pajak yang telah dibayarkan atau harus dibayarkan sehubungan dengan Layanan.
12. Batasan Tanggung Jawab Kami
  • Kami menyediakan Aplikasi sebagaimana adanya dan Kami tidak menyatakan atau menjamin bahwa keandalan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi, kelengkapan atau keamanan dari Aplikasi dapat memenuhi kebutuhan dan akan sesuai dengan harapan Pengguna. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian atau kerusakan yang disebabkan oleh setiap kegagalan atau kesalahan yang dilakukan oleh Penyedia Layanan, Jasa Pihak Ketiga, atau Penyedia Metode Pembayaran ataupun kegagalan atau kesalahan Pengguna dalam mematuhi Ketentuan Penggunaan Kulina, Layanan Pihak Ketiga, Penyedia Metode Pembayaran.
  • Aplikasi dapat mengalami keterbatasan, penundaan, dan masalah-masalah lain yang terdapat dalam penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk perangkat Pengguna, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran rusak, tidak terhubung dengan internet, berada di luar jangkauan, dimatikan atau tidak berfungsi. Kami tidak bertanggung jawab atas keterlambatan, kegagalan pengiriman, kerusakan atau kerugian yang diakibatkan oleh masalah-masalah tersebut.
  • Kami tidak berkewajiban untuk mengawasi akses atau penggunaan Pengguna atas Aplikasi. Namun, Kami tetap melakukan pengawasan untuk tujuan memastikan kelancaran penggunaan Aplikasi dan untuk memastikan kepatuhan terhadap Ketentuan Penggunaan ini, peraturan perundang-undangan yang berlaku, putusan pengadilan, dan/atau ketentuan lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya.
  • Kami tidak mempunyai kewajiban apapun, termasuk untuk mengambil tindakan lebih jauh atau tindakan hukum yang dianggap perlu oleh Pengguna, Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, terhadap setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran. Tetapi, Kami akan memfasilitasi setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pengguna dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran dengan upaya wajar yang diperlukan. Ketika Kami memfasilitasi penyelesaian permasalahan atau perselisihan antara Pengguna dan Penyedia Layanan, Penyedia Konten Pihak Ketiga, Penyedia Penawaran atau Penyedia Metode Pembayaran, Kami tidak bertindak sebagai mediator dan hal tersebut tidak menimbulkan kewajiban lebih jauh apapun terhadap Kami.
13. Keluhan dan Penanganan
  • Kulina menampung segala bentuk saran, kritik atau keluhan Pengguna. Kami menyediakan ruang dan fasilitas bagi Pengguna untuk menyampaikan saran, kritik dan keluhan melalui email hello@kulina.id
  • Kulina akan menangani saran, kritik atau keluhan yang Pengguna sampaikan secara proporsional sesuai dengan kemampuan atau kewenangan yang Kami miliki. Kami tidak berwenang untuk memutuskan, memberikan atau mengimplementasikan solusi terhadap saran, kritik atau keluhan sehubungan dengan hal-hal yang menjadi tanggung jawab Merchant atau Mitra Pengantaran.
  • Dalam hal saran, kritik dan keluhan yang disampaikan berkaitan dengan tanggung jawab Pengguna dan Pihak Ketiga, maka Kami akan menyampaikannya kepada yang bersangkutan. Pelanggan, Merchant, dan Penyedia Pihak Ketiga setuju untuk membebaskan Kulina dari segala bentuk tanggung jawab dan tidak melibatkan Kami dalam hal-hal yang terkait dengan Pelanggan, Merchant, dan Penyedia Pihak Ketiga.
14. Situs Pihak Ketiga
  • Apabila di dalam Aplikasi terdapat tautan ke situs-situs milik pihak ketiga, tidak dapat diartikan bahwa Kami merepresentasikan dalam bentuk apapun juga setiap situs-situs tersebut, dan tidak dapat diartikan sebagai sebuah dukungan terhadap situs tersebut maupun pemiliknya.
  • Kami tidak bertanggung jawab atas kebijakan privasi, syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ataupun konten dari situs-situs tersebut. Kami menyarankan agar Pengguna meninjau dan memahami syarat & ketentuan serta kebijakan privasi situs-situs yang dioperasikan pihak ketiga tersebut, baik bila Pengguna mengunjungi langsung situs tersebut ataupun melalui tautan dalam Aplikasi ini.
15. Hukum yang Mengatur
Syarat & Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia. Syarat & Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan dapat diterjemahkan ke bahasa lain; dalam hal terdapat perbedaan penafsiran antara Bahasa Indonesia dengan versi terjemahannya tersebut, maka versi Bahasa Indonesia yang akan digunakan.
16. Penyelesaian Perselisihan
  • Setiap keluhan dan perselisihan antara Pihak Ketiga, Pengguna, dan/atau Pelanggan harus diterima satu sama lain secara langsung
  • Segala bentuk perselisihan yang timbul sebagai akibat dari pelaksanaan Syarat & Ketentuan ini, antara Pihak Ketiga, Pengguna, dan/atau Pelanggan akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat. Bila musyawarah tidak mencapai mufakat, maka perselisihan akan diselesaikan melalui pengadilan negeri dan dengan ini Pelanggan, Kulina, Penyedia Pihak Ketiga dan Mitra Pengantaran sepakat untuk memilih tempat
17. Ketentuan Lain
  • Syarat & Ketentuan Penggunaan Aplikasi ini, Kebijakan Privasi, seluruh formulir pemesanan dan instruksi pembayaran yang disediakan untuk Pengguna merupakan sebuah perjanjian yang sah antara Kulina, Pelanggan, Penyedia Pihak Ketiga, dan Mitra Pengantaran.
  • Kulina berhak dan berwenang untuk melakukan pembaruan terhadap Syarat & Ketentuan ini setiap saat, oleh karenanya Kami menyarankan Pelanggan untuk selalu memeriksa ulang Syarat & Ketentuan serta perubahannya dari waktu ke waktu.
  • Dalam hal salah satu atau lebih ketentuan dalam Syarat & Ketentuan ini menjadi batal, tidak berlaku, tidak sah, atau tidak dapat diberlakukan, baik seluruhnya atau sebagian berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, hal itu tidak akan mempengaruhi keabsahan atau berlakunya ketentuan-ketentuan lain Syarat & Ketentuan ini.
18. Keadaan Kahar
Aplikasi dapat diinterupsi, dan berhenti sementara  oleh kejadian di luar kewenangan atau kontrol Kulina (“Keadaan Kahar”), termasuk namun tidak terbatas pada bencana alam, gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, dan lain-lain. Dalam hal ini, Pengguna setuju untuk membebaskan Kulina dari setiap tuntutan dan tanggung jawab, jika Kulina tidak dapat memfasilitasi Layanan, termasuk memenuhi instruksi yang Pengguna berikan melalui Aplikasi, baik sebagian maupun seluruhnya, karena suatu Keadaan Kahar.

Ketentuan-Ketentuan Tambahan untuk Pelanggan

A. Syarat dan Ketentuan Layanan Kulina Instant Delivery
Kulina berterima kasih atas kepercayaan Pengguna terhadap Layanan Kulina Instant Delivery dalam Aplikasi Kulina. Ketentuan Penggunaan Layanan Kulina Instant Delivery  ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Ketentuan Penggunaan Kulina. Jika Pengguna menggunakan Layanan Kulina Instant Delivery  pada Aplikasi Kulina, maka Pengguna dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Kulina Instant Delivery ini. Apabila Pengguna tidak setuju dengan Syarat & Ketentuan Penggunaan Kulina Instant Delivery  ini, mohon Pengguna agar tidak melanjutkan penggunaan Layanan Kulina Instant Delivery.
1. Definisi Umum
  • Kecuali didefinisikan secara khusus di bawah ini dan pada bagian lain dari Ketentuan Penggunaan Kulina Instant Delivery ini, istilah-istilah dalam huruf besar yang digunakan dalam Ketentuan Penggunaan Kulina Instant Delivery ini harus ditafsirkan sesuai dengan Ketentuan Penggunaan Kulina.
  • Kulina Instant Delivery adalah salah satu layanan yang tersedia di dalam Aplikasi Kulina, dimana Pengguna bisa melakukan Transaksi di Outlet dengan metode pemesanan dan pengantaran instan.
  • Outlet adalah restoran, rumah makan, warung toko, gerobak dan/atau bentuk fisik lainnya yang terdaftar dalam Aplikasi Kulina yang dimiliki dan dikelola oleh Merchant.
  • Merchant adalah pihak yang memiliki dan mengelola Outlet dimana bertindak sebagai penyedia Produk.
  • Mitra Pengantaran adalah Penyedia Layanan pihak ketiga yang setuju menjadi mitra Kulina, bekerja sama dengan Kulina melalui skema kemitraan, dan bukan karyawan, agen atau perwakilan Kulina.
  • Produk adalah barang dan/atau jasa berupa makanan dan/atau minuman yang diproduksi, didistribusi dan/atau dimiliki oleh Merchant Kulina Instan.
  • Transaksi adalah kegiatan pemesanan dan pembayaran Produk yang dipesan melalui Kulina dan/atau kegiatan pembelian dan pembayaran Produk dari Merchant Kulina Instan yang dilakukan oleh Pelanggan dan diproses melalui Kulina.
2. Proses Pemesanan
  • Pelanggan dapat melakukan pemesanan atas Produk pada laman Merchant.
  • Kulina dan/ atau Mitra Pengantaran tidak bertanggung jawab terhadap ketersediaan atas Produk milik Merchant di Outlet mereka.
  • Pelanggan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rincian yang Pelanggan masukkan sehubungan dengan Pesanan Produk pada Aplikasi lengkap dan akurat.
  • Mitra Kulina Instant Delivery dan/atau Mitra Pengantaran dapat tidak memproses Pesanan Produk Pelanggan jika terjadi salah satu dari hal-hal berikut:
    (i) Pelanggan tidak dapat dihubungi melalui telepon pada saat panggilan untuk melakukan konfirmasi Pesanan.
    (ii) tidak tersedianya Produk yang dipesan.
    (iii) informasi atau arahan yang Pelanggan berikan tidak lengkap dan/atau tidak jelas.
  • Pengguna dapat berkomunikasi namun terbatas pada dihubungi oleh Mitra Pengantaran untuk mendapatkan konfirmasi atau klarifikasi mengenai pengantaran termasuk namun tidak terbatas pada alamat pengantaran, penerima Produk atau informasi lainnya, melalui jalur komunikasi pribadi sebelum atau pada saat melakukan pemesanan, pembelian dan/atau pengantaran Produk.
  • Pelanggan hanya dapat melakukan pembatalan atas Transaksi sebelum Merchant melakukan konfirmasi atas Pesanan Produk.
  • Jika berlaku, dengan melakukan pemesanan yang mencakup alkohol, Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna setidaknya sudah berusia dua puluh satu (21) tahun.  yang terkait akan memiliki hak untuk (i) meminta Pengguna untuk menunjukkan KTP Pengguna untuk verifikasi usia, dan (ii) menolak untuk mengirim atau menyediakan produk beralkohol kepada siapapun yang pada saat pengiriman tidak dapat membuktikan bahwa dia setidaknya berusia dua puluh satu (21) tahun atau terlihat seperti, berada di bawah pengaruh alkohol atau obat-obatan pada saat pengiriman. Dalam keadaan demikian Pelanggan menyetujui bahwa Kulina dan Mitra Pengantaran terlepas dari tanggung jawab untuk melakukan pengembalian uang atas pembayaran yang telah dilakukan kepada Pelanggan.
3. Transaksi dan Pembayaran
  • Setelah Pelanggan selesai menggunakan Layanan, Pelanggan diharuskan untuk melakukan pembayaran secara penuh kepada Mitra Pengantaran dan Merchant Kulina Instant Delivery melalui Kulina. Pembayaran apapun dalam pilihan tersebut bersifat otomatis dan tidak dapat dikembalikan.
  • Pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang akan digunakan saat melakukan Transaksi. Metode pembayaran yang dapat dilakukan adalah transfer bank, saldo Kulina, dan metode lainnya yang terdapat dalam aplikasi Kulina.
  • Pelanggan memahami bahwa biaya Transaksi yang wajib Pelanggan bayarkan adalah termasuk namun tidak terbatas pada harga Produk dan biaya pengantaran Produk, pajak-pajak, dan/atau biaya-biaya lainnya sebagaimana diberitakan oleh Kulina dari waktu ke waktu.
  • Pelanggan dapat menggunakan voucher Kulina atau Kulina Instant Delivery yang Pelanggan miliki sebagaimana tersedia dalam Layanan Kulina Instant Delivery sebagai potongan harga atas produk atau biaya pengantaran.
  • Jika berlaku, biaya-biaya lain yang timbul sehubungan dengan Transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada biaya parkir dan biaya masuk gedung, maka Pelanggan sepenuhnya bertanggung jawab atas biaya-biaya tersebut, dan Mitra Pengantaran berhak untuk meminta penggantian biaya-biaya lain termasuk dari Pengguna dengan memberikan bukti pendukung termasuk namun tidak terbatas pada struk parkir.
4. Pengantaran
  • Pengantaran Produk dalam Transaksi Layanan Kulina Instant Delivery dilakukan oleh Mitra Pengantaran yang tersedia dalam Aplikasi.
  • Pelanggan atau pihak lainnya yang Pelanggan tunjuk berkewajiban untuk dapat dihubungi dan dapat menerima pada saat produk diantarkan oleh Mitra Pengantaran. Pembayaran tidak dapat dikembalikan jika Pelanggan tidak dapat dihubungi selama selambatnya 15 menit sejak kedatangan Kurir Mitra.
  • Pelanggan dapat memberikan ulasan atas Produk sebagaimana terdapat dalam layanan Kulina Instant Delivery setelah Transaksi Pelanggan selesai.
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas Produk, namun tidak terbatas pada:
    (i) kondisi dan kualitas;
    (ii) durasi pengantaran oleh Mitra Pengantaran;
    (iii) ketidaksesuaian Produk yang dipesan dengan Produk yang diantarkan.
  • Setelah pengiriman Produk dilakukan, Pelanggan secara penuh bertanggung jawab atas biaya kelebihan waktu atau kehilangan, kerusakan, kontaminasi, pengotoran atau penahanan Produk yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh Pelanggan atau orang yang bertindak atas nama Pelanggan.
5. Pernyataan dan Jaminan
  • Pernyataan dan jaminan Pengguna ini adalah tambahan atas pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna sebagaimana termuat dalam Ketentuan Penggunaan Kulina dan tidak mengurangi atau membatasi keberlakukan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan pengguna dalam Ketentuan Penggunaan Kulina. 
  • Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa:
    (i) Produk yang dipesan Pelanggan adalah benar atas kemauan dan untuk kebutuhan Pelanggan dan/atau atas permintaan pihak lain yang Pelanggan tunjuk dan telah diinformasikan untuk setuju menerima Produk;
    (ii) Produk tidak dipesan untuk merugikan atau menimbulkan ketidaknyamanan pada orang lain atau pada penerima Produk;
    (iii) Pelanggan akan membayar secara penuh atas Produk yang Pengguna pesan sesuai dengan Transaksi dan biaya tambahan lainnya termasuk biaya parkir dan biaya masuk gedung.
  • Kulina tidak memiliki kewajiban untuk menyelesaikan setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pelanggan, Mitra Pengantaran dan/atau Merchant Kulina Instant Delivery, termasuk pada mengambil tindakan hukum yang dianggap perlu oleh salah satu pihak.
  • Kulina atau Mitra Pengantaran berhak untuk menolak permintaan Layanan Kulina Instant Delivery Pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada pemesanan, jika Kulina atau Mitra Pengantaran memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa Pelanggan telah atau akan melanggar ketentuan Penggunaan Kulina Instant Delivery, Ketentuan Penggunaan Kulina, atau hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
B. Syarat dan Ketentuan Layanan Kulina Pre-Order
Kulina berterima kasih atas kepercayaan Pengguna terhadap Layanan Kulina Pre-Order dalam Aplikasi Kulina. Ketentuan Penggunaan Layanan Kulina Pre-Order  ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Ketentuan Penggunaan Kulina. Jika Pengguna menggunakan Layanan Kulina Pre-Order  pada Aplikasi Kulina, maka Pengguna dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Kulina Pre-Order ini. Apabila Pengguna tidak setuju dengan Syarat & Ketentuan Penggunaan Kulina Pre-Order  ini, mohon Pengguna agar tidak melanjutkan penggunaan Layanan Kulina Pre-Order.
1. Definisi Umum
  • Kulina Pre-Order adalah salah satu Layanan yang dapat Pelanggan gunakan melalui Aplikasi Kulina.  Pada Layanan ini, Pelanggan bisa melakukan pemesanan Harian dan/atau Langganan dengan metode Pre-Order H-1 sebelum pengantaran.
  • Menu Harian adalah beberapa pilihan Produk berupa menu yang ditampilkan berdasarkan hari/tanggal yang tersedia dari beberapa Merchant.
  • Paket Langganan adalah beberapa pilihan Produk yang ditampilkan berdasarkan kategori paket yang dapat memudahkan Pelanggan untuk memesan satu paket yang sama dalam waktu yang lama.
  • Menu Lauk dan Condiment adalah beberapa pilihan Produk lauk, sambal, dan pelengkap lainnya (baik dalam kondisi dingin/ beku) yang dapat dipesan harian dengan slot pengantaran khusus allday (sameday). 
  • Pesanan Terkonfirmasi adalah pesanan yang telah mendapat konfirmasi penerimaan dari Merchant dan dikualifikasikan sebagai perjanjian antara Pelanggan, Kulina, dan Merchant.
  • Jam Pengantaran adalah rentang waktu pengantaran Pesanan yang tertera sesuai dengan kategori berikut:
    (i) jam pengantaran lunch (09:00-12:00);
    (ii) jam pengantaran dinner (15:00-18:00); dan
    (iii) jam pengantaranallday (09:00-22:00).
  • Jam Penjemputan adalah waktu pengambilan Pesanan oleh Mitra Pengantaran dari Merchant.
  • Garansi Tepat Waktu adalah garansi yang diberikan Kulina berupa saldo cashback senilai Produk jika Produk diterima oleh Pelanggan melebihi slot time estimasi yang sudah ditentukan.
  • Rekening Pelanggan menunjuk kepada rekening bank yang terdaftar atas nama Pelanggan yang digunakan untuk melakukan pembayaran Biaya Pesanan atau menerima pencairan Saldo Kulina.
  • Rekening Kulina menunjuk kepada rekening bank milik Kulina yang digunakan sebagai penampungan sementara pembayaran Biaya Pesanan dari Pelanggan untuk kemudian diteruskan ke Rekening Dapur.
  • Biaya Pesanan menunjuk kepada total biaya yang harus dibayarkan Pelanggan atas harga Pesanan, pajak-pajak, dan/atau biaya layanan (service fee) yang relevan.
  • Saldo Kulina menunjuk kepada jumlah uang yang dimiliki oleh Pelanggan, Merchant atau Kurir Mitra yang masih berada di Rekening Kulina dan belum dicairkan ke rekening bank masing-masing.
  • Dompet Kulina adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pelanggan (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Kulina untuk menampung pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Produk. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pemesanan Produk pada aplikasi Kulina dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.
2. Proses Pemesanan
  • Pelanggan dapat melakukan pemesanan atas Produk pada halaman Menu/ Paket di aplikasi Kulina.
  • Saat melakukan pemesanan Produk, Pelanggan menyetujui bahwa:
    (i) Pelanggan bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk sebelum membuat komitmen untuk memesan;
    (ii) Pelanggan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rincian yang Pelanggan masukkan sehubungan dengan Pesanan Produk pada Aplikasi lengkap dan akurat.
  • Merchant dan/atau Mitra Pengantaran dapat tidak memproses Pesanan Produk Pelanggan jika terjadi salah satu dari hal-hal berikut:
    (i) Tidak tersedianya Produk yang dipesan, karena kendala mendadak (force majeure) dari pihak Merchant dan/atau Mitra Pengantaran pada hari pengantaran;
    (ii) Pelanggan tidak dapat dihubungi melalui telepon pada saat konfirmasi pengantaran Pesanan;
    (iii) Informasi atau arahan yang Pelanggan berikan tidak lengkap dan/atau tidak jelas.
  • Pelanggan dapat berkomunikasi kepada Tim CX Kulina untuk mendapatkan konfirmasi mengenai Pesanan dan pengantaran atau informasi terkait layanan Kulina Pre-Order lainnya, melalui jalur komunikasi WhatsApp pribadi atau live chat pada saat sebelum atau sesudah melakukan pemesanan, pembelian dan/atau pengantaran Produk.
  • Pelanggan hanya dapat melakukan pembatalan atas Pesanan yang sudah berhasil selambat-lambatnya sebelum pukul 19:00 H-1 pengantaran melalui aplikasi Kulina.
3. Transaksi dan Pembayaran
  • Pelanggan wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Kulina. Pelanggan melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pelanggan, dan kemudian Kulina akan meneruskan dana ke pihak Merchant apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Kulina telah selesai.
  • Pembayaran oleh Pelanggan wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya sebelum pukul 19:00 H-1 pengantaran) setelah Pelanggan melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh pelanggan, Kulina memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Pelanggan tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
  • Pelanggan memahami bahwa biaya Transaksi yang wajib Pelanggan bayarkan adalah termasuk namun tidak terbatas pada harga Produk dan biaya pengantaran Produk, pajak-pajak, dan/atau biaya-biaya lainnya sebagaimana diberitakan oleh Kulina dari waktu ke waktu.
  • Pelanggan dapat menggunakan voucher/ kode promo Kulina yang Pelanggan miliki sesuai Syarat dan Ketentuan sebagaimana yang tersedia dalam Layanan Kulina Pre-Order sebagai potongan harga atas Produk atau biaya pengantaran.
  • Jika berlaku, biaya-biaya lain yang timbul sehubungan dengan Transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada biaya parkir dan biaya masuk gedung, maka Pelanggan sepenuhnya bertanggung jawab atas biaya-biaya tersebut, dan Mitra Pengantaran berhak untuk meminta penggantian biaya-biaya lain termasuk dari Pelanggan dengan memberikan bukti pendukung termasuk namun tidak terbatas pada struk parkir.
  • Pengembalian dana dari Kulina kepada Pelanggan hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    (i) Kelebihan pembayaran dari Pelanggan atas harga Produk;
    (ii) Masalah pengantaran Produk telah teridentifikasi secara jelas dari Merchant dan/ atau Mitra Pengantaran yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai;
    (iii) Merchant tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, kendala produksi, force majeure maupun penyebab lainnya.
  • Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Dompet Kulina milik Pelanggan berupa Saldo Refund yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pelanggan menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada poin terkait ketentuan Kartu Kredit.
  • Kulina berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan, baik antara Kulina, Pelanggan dan Mitra Payment Gateway, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pelanggan untuk mematuhinya.
  • Apabila Pelanggan memilih menggunakan metode pembayaran Bank Virtual Account, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. 
  • Pelanggan wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Kulina tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pelanggan apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
4. Pengantaran
  • Pengantaran Produk dalam Layanan Kulina Pre-Order dilakukan oleh Mitra Pengantaran yang bekerja sama dengan Kulina.
  • Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengantaran Produk adalah wewenang sepenuhnya Kulina dengan Mitra Pengantaran.
  • Pelanggan atau pihak lainnya yang Pelanggan tunjuk berkewajiban untuk dapat dihubungi dan dapat menerima pada saat Produk diantarkan oleh Mitra Pengantaran.
  • Pelanggan dapat memberikan ulasan dan rating atas Produk sebagaimana terdapat dalam Layanan Kulina Pre-Order setelah pesanan diantarkan.
  • Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengantaran berupa Produk hilang, Produk rusak, Produk tidak sesuai, Produk terkontaminasi dan lain sebagainya, Pelanggan dapat melaporkan ke pihak Kulina selambat-lambatnya masih di hari yang sama saat pengantaran untuk dilakukan proses investigasi dan klaim garansi yang merujuk pada poin terkait ketentuan Keluhan.
  • Kulina tidak bertanggung jawab atas kehilangan Produk, kerusakan Produk, kontaminasi Produk dan lain sebagainya, yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh Pelanggan atau orang yang bertindak atas nama Pelanggan.
5. Penarikan Dana
  • Penarikan dana saldo ke rekening Pelanggan akan diproses dalam waktu selambat-lambatnya 3x24 jam hari kerja.
  • Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BCA, Mandiri, dan BNI apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pelanggan.
  • Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Kulina, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pelanggan memahami dan menyetujui bahwa Kulina berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pelanggan.
  • Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Kulina.
6. Keluhan
  • Pelanggan dapat mengajukan klaim garansi dengan memberikan konfirmasi kepada Tim CX Kulina melalui WhatsApp atau live chat apabila terjadi kendala dan keluhan terkait Produk dan/ atau pengantaran dengan ketentuan seperti sebagai berikut :
    (i) Pesanan diterima terlambat: Pelanggan diminta memberikan konfirmasi secepatnya apabila pesanan diterima/ belum diterima melebihi estimasi pengantaran untuk lunch (09:00-12:00), dinner (15:00-18:00), dan allday (09:00-22:00) agar selanjutnya dapat diinvestigasi dan proses klaim garansi.
    (ii) Pesanan yang diterima tidak sesuai atau rusak (baik sebagian ataupun seluruh komponen Produk): Pelanggan diminta memberikan konfirmasi disertai lampiran foto pesanan yang diterima/ rusak, foto kode tulis dapur, dan foto label barcode pada kemasan. Investigasi dan klaim garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pelanggan dilakukan selambat-lambatnya pukul 14:00 (untuk pesanan lunch), pukul 19:00 (untuk pesanan dinner), dan maksimal di hari yang sama saat pengantaran (untuk pesanan allday).
    (iii) Pesanan tidak diterima atau hilang: Pelanggan diminta memberikan laporan apabila pesanan tidak diterima atau hilang disertai lampiran foto capture pesanan dari aplikasi Kulina. Investigasi dan klaim garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pelanggan dilakukan dilakukan selambat-lambatnya pukul 14:00 (untuk pesanan lunch), pukul 19:00 (untuk pesanan dinner), dan maksimal di hari yang sama saat pengantaran (untuk pesanan allday).
    (iv) Pesanan beraroma tidak sedap, basi, kadaluarsa saat diterima (baik sebagian ataupun seluruh komponen Produk): Pelanggan diminta memberikan laporan disertai lampiran foto pesanan yang diterima, foto kode tulis dapur, dan foto label barcode pada kemasan dengan sebelumnya menyimpan komponen/ Produk yang terindikasi basi untuk dapat diambil sebagai sample (apabila memungkinkan). Investigasi dan klaim garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pelanggan dilakukan dilakukan selambat-lambatnya pukul 14:00 (untuk pesanan lunch), pukul 21:00 (untuk pesanan dinner), dan maksimal di hari yang sama saat pengantaran (untuk pesanan allday).
    (v) Pesanan terindikasi mentah, kurang matang, terlalu matang, gosong: Pelanggan diminta memberikan konfirmasi disertai lampiran foto Produk yang terindikasi, foto kode tulis dapur, dan foto label barcode pada kemasan. Investigasi dan klaim garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pelanggan dilakukan selambat-lambatnya pukul 14:00 (untuk pesanan lunch), pukul 19:00 (untuk pesanan dinner), dan maksimal di hari yang sama saat pengantaran (untuk pesanan allday).
    (vi) Pesanan terkontaminasi makhluk hidup, benda wajar, benda tidak wajar: Pelanggan diminta memberikan konfirmasi disertai lampiran foto Produk yang terkontaminasi, foto kode tulis dapur, dan foto label barcode pada kemasan. Investigasi dan klaim garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pelanggan dilakukan selambat-lambatnya pukul 14:00 (untuk pesanan lunch), pukul 19:00 (untuk pesanan dinner), dan maksimal di hari yang sama saat pengantaran (untuk pesanan allday).
  • Klaim garansi atas kendala atau keluhan yang disebut pada poin 1 adalah berupa saldo cashback ke Dompet Kulina. Nilai garansi dapat berbeda-beda dipertimbangkan berdasarkan pada tingkatan ringan, sedang, atau beratnya kasus atas keluhan yang dilaporkan sesuai dengan ketentuan yang dibuat Kulina dengan Merchant. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pelanggan untuk mematuhinya
7. Pernyataan dan Jaminan
  • Pernyataan dan jaminan Pengguna ini adalah tambahan atas pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna sebagaimana termuat dalam Ketentuan Penggunaan Kulina dan tidak mengurangi atau membatasi keberlakukan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan pengguna dalam Ketentuan Penggunaan Kulina. 
  • Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa:
    (i) Produk yang dipesan Pelanggan adalah benar atas kemauan dan untuk kebutuhan Pelanggan dan/atau atas permintaan pihak lain yang Pelanggan tunjuk dan telah diinformasikan untuk setuju menerima Produk;
    (ii) Produk tidak dipesan untuk merugikan atau menimbulkan ketidaknyamanan pada orang lain atau pada penerima Produk;
    (iii) Pelanggan akan membayar secara penuh atas Produk yang dipesan sesuai dengan Transaksi dan biaya tambahan lainnya termasuk biaya parkir dan biaya masuk gedung.
  • Kulina tidak memiliki kewajiban untuk menyelesaikan setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pelanggan, Mitra Pengantaran dan/atau Merchant Kulina, termasuk pada mengambil tindakan hukum yang dianggap perlu oleh salah satu pihak.
  • Kulina berhak untuk menolak permintaan Layanan Kulina Pre-Order dari Pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada pemesanan, jika Kulina memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa Pelanggan telah atau akan melanggar ketentuan Penggunaan Layanan Kulina Pre-Order, Ketentuan Penggunaan Kulina, atau hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
C. Syarat dan Ketentuan Layanan Katering Acara
Kulina berterima kasih atas kepercayaan Pengguna terhadap Layanan Katering Acara dalam Aplikasi Kulina. Ketentuan Penggunaan Katering Acara ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Ketentuan Penggunaan Kulina. Jika Pengguna menggunakan Layanan Katering Acara pada Aplikasi Kulina, maka Pengguna dianggap telah menyetujui Syarat dan Ketentuan Penggunaan Katering Acara ini. Apabila Pengguna tidak setuju dengan Syarat & Ketentuan Penggunaan Katering Acara  ini, mohon Pengguna agar tidak melanjutkan penggunaan Layanan Katering Acara.
1. Definisi Umum
  • Kecuali didefinisikan secara khusus di bawah ini dan pada bagian lain dari Ketentuan Katering Acara ini, istilah-istilah dalam huruf besar yang digunakan dalam Ketentuan Katering Acara ini harus ditafsirkan sesuai dengan Ketentuan Penggunaan Kulina.
  • Katering Acara adalah sistem pemesanan grup dengan minimum order (10 pax/pemesanan) dan waktu pengantaran yang fleksibel dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB yang tersedia di hari kerja, akhir pekan maupun hari libur.
  • Kategori Produk adalah kumpulan dari berbagai jenis produk yang disediakan di Katering Acara, termasuk mealbox, snack, dan prasmanan.
  • Jam Pengantaran Layanan Katering Acara adalah rentang waktu Produk diterima oleh Pelanggan yang dapat Pelanggan pilih dari pukul 08.00-09.00 sampai 17.00-18.00
  • Batas Waktu Pemesanan adalah batas Pelanggan dapat memesan Katering Acara di aplikasi Kulina yaitu H-1 pukul 17.00 WIB
2. Proses Pemesanan
  • Pelanggan dapat melakukan pemesanan atas Produk pada Aplikasi di bagian Katering Acara dan memilih Kategori Produk yang diinginkan.
  • Pelanggan dapat memilih tanggal dan Jam Pengantaran Layanan Katering Acara yang dikehendaki.
  • Setelah memilih Produk, pelanggan dapat menentukan jumlah pesanan dengan minimal pemesanan 10 pax atau minimal pemesanan lain yang secara spesifik diberlakukan oleh Merchant.
  • Pelanggan dapat menambahkan catatan yang ditujukan kepada Merchant untuk Produk yang dipesan dan Merchant berhak untuk meninjau apakah catatan bisa disetujui atau tidak. Kulina tidak bertanggung jawab untuk catatan tersebut. 
  • Pelanggan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa rincian yang Pelanggan masukkan sehubungan dengan pesanan Produk pada Aplikasi lengkap dan akurat.
  • Pelanggan yang melakukan pembayaran melebihi Batas Waktu Pemesanan yaitu H-1 pukul 17.00 WIB tidak akan diproses pesanannya dan Kulina berhak membatalkan pesanan tersebut.
  • Pelanggan tidak diperbolehkan untuk membatalkan pesanan jika sudah melebihi Batas Waktu Pemesanan karena data pemesanan sudah diproses oleh Merchant.
3. Transaksi dan Pembayaran
  • Pelanggan diharuskan untuk melakukan pembayaran secara penuh kepada Merchant melalui Kulina. Pembayaran apapun dalam pilihan tersebut bersifat otomatis dan tidak dapat dikembalikan.
  • Pelanggan dapat memilih metode pembayaran yang akan digunakan saat melakukan Transaksi. Metode pembayaran yang dapat dilakukan adalah transfer bank, saldo Kulina, dan metode lainnya yang terdapat dalam aplikasi Kulina.
  • Pelanggan memahami bahwa biaya Transaksi yang wajib Pelanggan bayarkan adalah termasuk namun tidak terbatas pada harga Produk dan biaya pengantaran Produk, pajak-pajak, dan/atau biaya-biaya lainnya sebagaimana diberitakan oleh Kulina dari waktu ke waktu.
  • Pelanggan dapat menggunakan voucher Kulina yang Pelanggan miliki sebagaimana tersedia dalam Layanan Kulina sebagai potongan harga atas produk atau biaya pengantaran.
  • Jika berlaku, biaya-biaya lain yang timbul sehubungan dengan Transaksi, termasuk namun tidak terbatas pada biaya parkir dan biaya masuk gedung, maka Pelanggan sepenuhnya bertanggung jawab atas biaya-biaya tersebut, dan Mitra Pengantaran berhak untuk meminta penggantian biaya-biaya lain termasuk dari Pelanggan dengan memberikan bukti pendukung termasuk namun tidak terbatas pada struk parkir.
  • Pengembalian dana dari Kulina kepada Pelanggan hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    (i) Kelebihan pembayaran dari Pelanggan atas harga Produk;
    (ii) Masalah pengantaran Produk telah teridentifikasi secara jelas dari Merchant dan/ atau Mitra Pengantaran yang mengakibatkan pesanan Produk tidak sampai;
    (iii) Merchant tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, kendala produksi, force majeure maupun penyebab lainnya.
  • Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Dompet Kulina milik Pelanggan berupa Saldo Refund yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pelanggan menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada poin terkait ketentuan Kartu Kredit.
  • Kulina berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan, baik antara Kulina, Pelanggan dan Mitra Payment Gateway, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pelanggan untuk mematuhinya.
  • Apabila Pelanggan memilih menggunakan metode pembayaran Bank Virtual Account, maka total pembayaran akan ditambahkan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi. 
  • Pelanggan wajib melakukan pembayaran dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Kulina tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pelanggan apabila melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
4. Pengantaran
  • Pengantaran Produk dalam Transaksi Layanan Kulina dilakukan oleh Mitra Pengantaran.
  • Kulina berhak memilih armada motor atau mobil yang akan digunakan Mitra Pengantaran tergantung pada banyaknya jumlah pesanan. 
  • Pelanggan atau pihak lainnya yang Pelanggan tunjuk berkewajiban untuk dapat dihubungi dan dapat menerima pada saat produk diantarkan oleh Mitra Pengantaran.
  • Pelanggan dapat memberikan ulasan atas Produk sebagaimana terdapat dalam layanan Kulina setelah Transaksi Pelanggan selesai.
  • Kulina akan bertanggung jawab atas Produk, namun terbatas pada:
    (i) kondisi dan kualitas;
    (ii) durasi pengantaran oleh Mitra Pengantaran;
    (iii) ketidaksesuaian Produk yang dipesan dengan Produk yang diantarkan.
  • Setelah pengiriman Produk dilakukan, Pelanggan secara penuh bertanggung jawab atas kehilangan, kerusakan, kontaminasi, pengotoran atau penahanan Produk yang disebabkan secara langsung atau tidak langsung oleh Pelanggan atau orang yang bertindak atas nama Pelanggan.
5. Keluhan
  • Pelanggan berhak mengajukan klaim garansi dengan memberikan konfirmasi kepada Tim CX Kulina melalui WhatsApp atau live chat apabila terjadi kendala dan keluhan terkait Produk dan/ atau pengantaran dengan ketentuan seperti sebagai berikut :
    (i) Pesanan diterima terlambat: Pelanggan diminta memberikan konfirmasi secepatnya apabila pesanan diterima/ belum diterima melebihi estimasi pengantaran sesuai dengan time slot (range waktu) pengantaran yang dipilih agar selanjutnya dapat diinvestigasi dan proses klaim garansi.
    (ii) Pesanan yang diterima tidak sesuai atau rusak (baik sebagian maupun seluruh komponen Produk): Pelanggan diminta memberikan konfirmasi disertai lampiran foto pesanan yang diterima/ rusak. Investigasi dan klaim garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pelanggan dilakukan selambat-lambatnya 3 jam setelah makanan tiba.
    (iii) Pesanan beraroma tidak sedap, basi, kadaluarsa saat diterima (baik sebagian maupun seluruh komponen Produk): Pelanggan diminta memberikan laporan disertai lampiran foto pesanan yang diterima dengan sebelumnya menyimpan komponen/ Produk yang terindikasi basi untuk dapat diambil sebagai sampel (apabila memungkinkan). Investigasi dan klaim garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pelanggan dilakukan selambat-lambatnya 3 jam setelah makanan tiba.
    (iv)Pesanan terkontaminasi makhluk hidup, benda wajar, benda tidak wajar: Pelanggan diminta memberikan konfirmasi disertai lampiran foto Produk yang terkontaminasi, foto kode tulis dapur, dan foto label barcode pada kemasan. Investigasi dan klaim garansi dapat diproses apabila konfirmasi Pelanggan dilakukan selambat-lambatnya 3 jam setelah makanan tiba.
  • Klaim garansi atas kendala atau keluhan yang disebut pada poin 1 adalah berupa saldo cashback ke Dompet Kulina. Nilai garansi dapat berbeda-beda dipertimbangkan berdasarkan pada tingkatan ringan, sedang, atau beratnya kasus atas keluhan yang dilaporkan sesuai dengan ketentuan yang dibuat Kulina dengan Merchant. Keputusan Kulina adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Pelanggan untuk mematuhinya
6. Pernyataan dan Jaminan
  • Pernyataan dan jaminan Pengguna ini adalah tambahan atas pernyataan dan jaminan yang diberikan Pengguna sebagaimana termuat dalam Ketentuan Penggunaan Kulina dan tidak mengurangi atau membatasi keberlakukan dari pernyataan dan jaminan yang diberikan pengguna dalam Ketentuan Penggunaan Kulina. 
  • Pelanggan menyatakan dan menjamin bahwa:
    (i) Produk yang dipesan Pelanggan adalah benar atas kemauan dan untuk kebutuhan Pelanggan dan/atau atas permintaan pihak lain yang Pelanggan tunjuk dan telah diinformasikan untuk setuju menerima Produk;
    (ii) Produk tidak dipesan untuk merugikan atau menimbulkan ketidaknyamanan pada orang lain atau pada penerima Produk;
    (iii) Pelanggan akan membayar secara penuh atas Produk yang dipesan sesuai dengan Transaksi pada layanan Kulina
  • Kulina bertindak sebagai penengah di setiap permasalahan atau perselisihan yang timbul antara Pelanggan, Mitra Pengantaran dan/atau Merchant Kulina, termasuk pada mengambil tindakan hukum yang dianggap perlu oleh salah satu pihak.
  • Kulina atau Mitra Pengantaran berhak untuk menolak permintaan Layanan Kulina Pelanggan, termasuk namun tidak terbatas pada pemesanan, jika Kulina atau Mitra Pengantaran memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai bahwa Pelanggan telah atau akan melanggar ketentuan Penggunaan Kulina, Ketentuan Penggunaan Kulina, atau hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
© 2015 - 2020 Kulina — All rights reserved.