FAQ

Dimana dan bagaimana saya bisa memesan makanan menggunakan Kulina?

Kami telah melayani Jakarta Pusat, Barat, Selatan, dan Timur melalui aplikasi Android yang bisa diunduh di Playstore, atau pesan via web. Kota-kota lain akan segera menyusul di 2016.

Saya ingin bergabung dengan Kulina sebagai dapur mitra. Apakah ini benar-benar gratis?

Ya. Gratis selamanya untuk bergabung di Kulina. Silahkan daftar disini.

Bagaimana cara saya mendaftar menjadi Dapur Mitra Kulina? Apabila saya berada di luar Jakarta, apakah bisa?

Silahkan download aplikasi Kulina di Playstore dan pilih Daftar menjadi Dapur lalu isilah form yang ada. Selain pengguna Android maka silahkan langsung klik link ini untuk mendaftar.

Kami segera launch di kota-kota lain dan pastinya membutuhkan Anda sebagai Kitchen Partner kami untuk kerjasama yang saling menguntungkan.

Bagaimana Kulina mendapatkan keuntungan?

Kami akan mengenakan komisi untuk transaksi yang terjadi di Kulina, setelah kami yakin jika Dapur Mitra kami sudah diuntungkan dengan layanan ini. Hanya itu saja. Segala biaya marketing, pembuatan aplikasi, dan lain-lain adalah menjadi tanggung jawab kami.

Berapa harga rata-rata tiap porsi makanan?

Sangat tergantung bahan dan tingkat kesulitan pembuatan makanan tersebut oleh dapur mitra kami. Tapi dibanding dengan restoran, pasti akan lebih terjangkau, karena partner kami tidak perlu melakukan investasi untuk sewa tempat yang mahal dan membayar jajaran manajemen seperti di restoran konvensional.

Berapa biaya antar tiap order?

Pada sebagian paket makanan yang kami jual, rata-rata biaya kirim gratis karena sudah termasuk didalam harga paket. Tetapi apabila ada tambahan biaya maka untuk wilayah Jakarta, pengiriman untuk tiap alamat dikenakan biaya kirim flat sebesar Rp 10,000 per pengiriman/alamat. Untuk kota lain nantinya mungkin saja berbeda, sesuai dengan kepadatan lalu lintas dan kondisi kota tersebut.

Saya suka masak makanan enak tapi tidak punya waktu banyak, sedangkan ingin sekali punya bisnis dari masakan saya. Apakah mungkin di Kulina?

Ya. Untuk mulai menjual makanan di Kulina sangatlah mudah. Beri tahu kami 3 hal:

  1. Apa makanan enak yang bisa anda masak. Bisa saja hanya 1 jenis atau banyak, tidak masalah.
  2. Kapan anda bisa memasak tiap harinya. Masak untuk makan siang, makan malam, atau keduanya.
  3. Berapa porsi makanan tiap menu yang akan dibuat tiap harinya. Terserah anda.

Saya sudah punya pelanggan dan menjual menu-menu saya di Instagram dan Facebook. Untuk apa saya bergabung di Kulina sebagai kitchen partner?

Karena dengan Kulina, Anda tidak perlu ribet lagi untuk menjelaskan menu harian/mingguan, mengatur PO, dan melayani order satu persatu. Tidak hanya mengurusi pesan makan, segala masalah pembayaran dan pengantaran juga akan kami urusi. Cukup masukkan jadwal memasak di Kulina beserta foto masakan (atau bisa juga ambil dari akun Instagram Anda), dan kembalilah ke tugas utama Anda; memasak makanan enak.

Saya mempunyai katering online yang melayani makanan vegetarian/vegan/paleo/mayo diet dan punya menu untuk seminggu penuh. Apakah bisa menggunakan Kulina untuk ini?

Pastinya. Fitur utama Kulina adalah meal plan. Unggah menu mingguan anda dan pelanggan dapat memesan untuk seminggu tersebut, serta memilih tanggal berapa akan mulai dengan sangat mudah.

Kapasitas dapur saya terbatas. Saya hanya bisa memasak 100 porsi tiap menu setiap harinya, lalu bagaimana saya membatasi order masuk?

Ketika mengunggah menu di Kulina, Anda juga akan mengisi maksimal porsi yang bisa disediakan setiap harinya. Setelah jumlah itu terlewati, maka otomatis menu tidak bisa dipesan lagi di aplikasi Kulina.

Bagaimana Kulina memilih dan memverifikasi Kitchen Partners? Apakah asal semua orang bisa mendaftar dan menjual makanan lewat Kulina?

Akan ada 2 fase proses verifikasi untuk menjadi Kitchen Partner Kulina:

  1. Verifikasi identitas. Kitchen Partner harus mengunggah foto/scan KTP melalui app. Prosesnya sangat mudah dan instant. Setelah ini dilakukan, maka partner sudah bisa menjual makanan via Kulina.
  2. Verifikasi fisik oleh tim Kulina. Kami akan mendatangi dapur partner untuk melihat dan cek standar kelayakan dapur Kitchen Partner. Setelah ini dilakukan, maka kami akan memberikan badge “Verified Kitchen” di profile Kitchen Partner.

Semua proses verifikasi diatas gratis tanpa dipungut biaya apapun.

Kulina Box

Apa sih Kulina Box itu?

Kulina Box merupakan paket makan siang Komplit: murah, enak, praktis, dan halal dengan jaminan kualitas dari Kulina.

Apa saja menu yang ada di Kulina Box?

Satu set menu Kulina Box terdiri dari: 1 porsi nasi putih; 1 porsi lauk utama berupa daging, ayam, atau ikan; 1 porsi lauk pendamping, seperti tahu atau tempe; dan satu porsi sayur.

Siapa yang memasak menu di Kulina Box?

Setiap makanan dalam satu set Kulina Box diolah oleh dapur-dapur katering profesional berpengalaman. Setiap dapur telah diseleksi oleh tim Kulina untuk memberikan jaminan rasa dan kualitas.

Apakah bisa melakukan pemesanan "Cook by Order" / "On Demand" untuk berlangganan di KulinaBox?

Tidak bisa. Silakan berlangganan Kulina Box terlebih dahulu dengan memilih jumlah porsi serta masa berlangganan Anda. Sistem pemesanan Kulina Box dilakukan per periode mingguan. Artinya, pemesanan untuk minggu II dilakukan pada minggu I. Maksimal pemesanan pada hari Minggu, pukul 15.00 WIB.

Apakah ada menu khusus untuk diet?

Anda bisa melakukan pemesanan paket diet sehat di https://www.kulina.id/paket-katering atau menyusun paket harian Anda sendiri melalui https://www.kulina.id/menu

Apakah saya bisa berlangganan untuk 1 (satu) hari saja?

Tidak bisa. Pemesanan Kulina Box minimal 5 hari. Saran kami, silakan berlangganan untuk 5 hari terlebih dahulu. kalau Anda tidak cocok, anda bisa melakukan "Pass" (berhenti sementara) atau "Cancel" (membatalkan langganan). Atau, Anda masih bisa melakukan pemesanan menu harian di Kulina melalui https://www.kulina.id/menu

Bagaimana kalau di tengah periode pemesanan saya sedang ada acara di luar kantor?

Berlangganan Kulina Box memberikan Anda keleluasaan untuk melewati atau menghentikan masa berlangganan Anda dengan. Caranya:

Lakukan konfirmasi pada surat elektronik yang kami kirimkan setiap harinya.

  1. Tekan tombol/ketik [Pass] untuk melewatkan pengantaran keesokan harinya. Atau
  2. Balas dengan ketik [Cancel] untuk membatalkan berlangganan Kulina Box.

Konfirmasi maksimal pukul 15.00 WIB. Atau, silakan menghubungi Customer Service kami.

Bagaimana kalau saya alergi bahan makanan tertentu, misalnya udang, sementara menu yang disajikan lauk utamanya adalah udang goreng?

Sekali lagi, Anda mempunyai keleluasaan untuk menentukan jadwal pengantaran. Apabila menu besok tidak sesuai dengan selera, Anda bisa melewatinya tanpa mengurangi masa berlangganan.

Saya tinggal di Bekasi, apakah saya bisa berlangganan Kulina Box?

Belum bisa. Saat ini, area pelayanan Kulina mencakup wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Bagaimana metode pembayaran Kulina Box?

Anda bisa memilih metode pembayaran melalui transfer atau kartu kredit.

Apakah saya bisa pesan Kulina Box untuk 2 alamat berbeda sekaligus?

Layanan Kulina Box melayani pelanggan dengan satu alamat.

Kenapa harga Kulina Box berbeda-beda?

Harga paket Kulina Box dimulai dari harga Rp 20.000/box untuk langganan 5 box atau lebih. Harga dirancang bertingkat sesuai dengan jumlah berlanggaan Anda: Harga Rp 23.000/box (langganan 3 box) ; Rp 25,000/box (langganan 2 box); dan Rp 30,000/box (langganan 1 box).

Prinsipnya: semakin banyak pesan; bayar lebih murah!